facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tingkatkan Pelayanan, Dishub Kulon Progo Mulai Terapkan Uji KIR dan Pembayaran Digital

Eleonora PEW | Hiskia Andika Weadcaksana Selasa, 18 Januari 2022 | 16:26 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Dishub Kulon Progo Mulai Terapkan Uji KIR dan Pembayaran Digital
Pelayanan uji KIR kendaraan oleh Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kulon Progo, Selasa (18/1/2022). - (SuaraJogja.id/HO-Pemkab Kulon Progo)

Sosialisasi terkait dengan penggunaan mekanisme pembayaran secara cashless sendiri telah dilakukan pada tiga bulan yang lalu.

SuaraJogja.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kulon Progo menghadirkan pelayanan uji KIR kendaraan dengan skema pembayaran cashless atau uang digital. Hal ini dilakukan untuk menguatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya melalui program digitalisasi.

Kepala Dishub Kulon Progo Lucius Bowo Pristiyanto menuturkan bahwa pemberlakuan digitalisasi KIR kendaraan dan pembayaran digital ini merupakan salah satu upaya peningkatan pelayanan publik, terlebih dengan menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada saat ini

"Esensinya selain untuk mempercepat layanan, juga untuk mendukung clean government tentang persoalan keamanan data, transparansi dan akuntabel," kata Bowo kepada awak media, Selasa (18/1/2022).

Bowo menjelaskan, sosialisasi terkait dengan penggunaan mekanisme pembayaran secara cashless sendiri telah dilakukan pada tiga bulan yang lalu, sedangkan pelaksanaan di lapangan baru resmi dimulai pada hari ini.

Baca Juga: Jadi Tersangka Kasus Mafia Tanah, Polisi Jadwalkan Pemeriksaan Kadishub Depok Eko Herwiyanto

Perkembangan teknologi informasi yang cepat membuat masyarakat pun lebih mudah mengakses sosialisasi terkait dengan mekanisme baru ini. Sehingga lebih memudahkan dalam menjelaskan kepada masyarakat saat pelayanannya langsung.

"Ketika diumumkan beberapa waktu lalu melalui platform media sosial kita bahwa pembayaran uji KIR hanya dilaksanakan secara cashless, masyarakat juga langsung beradaptasi," ungkapnya.

Mengenai pembayaran non tunai, kata Bowo, bisa dilakukan oleh masyarakat dengan beberapa opsi. Di antara melalui ATM ataupun dengan memanfaatkan uang elektronik yang ada.

"Menu pilihan pembayaran juga semakin beragam ya. Bisa dengan cara menggesek ATM atau juga dengan menggunakan uang elektronik seperti Gopay," terangnya.

Digitalisasi sendiri tidak hanya untuk persoalan pembayaran saja. Dijelaskan Bowo, teknis pengujian pun akan dilakukan secara digital tidak lagi manual.

Baca Juga: Diduga Dicuri, Lampu APILL di Dua Titik di Jogja Hilang

Nantinya pemilik kendaraan akan mendapat Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUE) sebagai bukti lulus uji yang saat ini dalam bentuk kartu berchip yang merupakan produk digitalisasi dari buku KIR.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait