facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diprediksi Konsumsi Meningkat Jelang Lebaran, Pertamina Pastikan Stok BBM di DIY-Jateng Aman

Eleonora PEW | Hiskia Andika Weadcaksana Rabu, 20 April 2022 | 09:40 WIB

Diprediksi Konsumsi Meningkat Jelang Lebaran, Pertamina Pastikan Stok BBM di DIY-Jateng Aman
Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga DIY-Surakarta Ivan Syuhada - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Ivan memastikan Pertamina sudah siap untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM tersebut.

SuaraJogja.id - Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga DIY-Surakarta, Ivan Syuhada memprediksi akan ada peningkatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di wilayah DIY dan Jawa Tengah menjelang momen Lebaran 2022. Peningkatan itu diperkirakan berkisar antara 10-20 persen.

"Peningkatan itu kita prediksi konsumsi solar itu bisa naik diangka 20 persen sampai dengan H-10 lalu turun, kalau untuk gasoline atau pertalite dan pertamax itu naik mungkin sekitar 10 sampai 15 persen," kata Ivan kepada awak media, Selasa (19/4/2022).

Namun, Ivan memastikan Pertamina sudah siap untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM tersebut. Salah satunya dengan senantiasa melakukan build up stok ke lembaga penyalur yang ada.

"Kesiapan kami jauh lebih siap karena kami sudah melakukan build up stok ke lembaga penyalur yang ada di Jogja. Jadi stok aman sekali," ungkapnya.

Baca Juga: Imbas Kebakaran Maut di Jalan AWS Samarinda, Andi Harun Panggil Pertamina, Pertamini dan Pom Mini Bakal Dilarang?

Selain itu untuk Pertamina juga sudah menyiapkan satgas untuk melakukan pengawasan terhadap ketersediaan BBM sejak 13 April 2022 kemarin. Saat ini, kata Ivan, build up stok masih terus dilakukan ke SPBU-SPBU hingga Pertashop yang ada untuk memenuhi tanki pendamnya.

Disampaikan Ivan, ketahanan stok di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) memiliki cakupan rata-rata di atas 10 hari. Sehingga dapat dipastikan kebutuhan BBM di masyarakat untuk DIY akan terpenuhi.

"Yang lebih bisa meyakinkan lagi sebenarnya kan pengiriman BBM di TBBM Rewulu di suplai poin utama di Jogja ini kan dikirim dari Cilacap melalui pipa. Jadi kami bisa memastikan bahwa ketersediaan BBM untuk masyarakat DIY sangat aman," terangnya.

Terkait dengan antisipasi kebocoran atau penyelewengan dari oknum-oknum tidak bertanggungjawab, Pertamina akan selalu berkoordinasi secara intensif dengan kepolisian. Di samping juga selalu mengingatkan lembaga penyalur untuk tetap melakukan penyaluran sesuai dengan ketentuan.

"Kami meminta tolong kepada masyarakat jika ada kendala atau hal lain bisa menghubungi kepolisian atau lapor ke 135," ucapnya.

Baca Juga: PIS Bentuk Satgas Amankan Kelancaran Distribusi BBM dan LPG Selama Ramadhan dan Idul Fitri

Ivan menuturkan, untuk menjaga ketersediaan stok itu, selain penyaluran, dilakukan juga build up stok di sejumlah tempat tadi. Pertamina juga menyiapkan motoris atau motor yang digunakan untuk mengangkut BBM di wilayah ramai khususnya di tol.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait