facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Libur Lebaran, Disdag Jogja Buka Pasar Beringharjo Sampai Malam

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Kamis, 28 April 2022 | 15:34 WIB

Libur Lebaran, Disdag Jogja Buka Pasar Beringharjo Sampai Malam
Pasar Beringharjo Jogja - (SuaraJogja.id/Eleonora PEW)

Pemberlakuan tersebut dimulai pada 4 Mei 2022 dan nantinya dilakukan selama dua pekan usai lebaran.

SuaraJogja.id - Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Yogyakarta akan mengoperasikan Pasar Beringharjo hingga pukul 21.00 WIB. Sebelumnya operasional Beringharjo hanya sampai pukul 17.00 WIB.

Kepala Disdag Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono mengatakan, kebijakan itu dilakukan, melihat kondisi pandemi Covid-19 mulai berkurang.

"Untuk antusias masyarakat dan wisatawan ke Beringharjo juga tinggi. Maka teman-teman pedagang kembali diizinkan buka sampai malam," terang Yunianto dihubungi wartawan, Kamis (28/4/2022).

Ia melanjutkan bahwa kenaikan pengunjung mempengaruhi perputaran ekonomi pedagang cenderung lebih tinggi. Di sisi lain pada saat malam hari kunjungan wisatawan ke malioboro dan pusat perbelanjaan di sekitarnya termasuk Pasar Beringharjo lebih banyak.

Baca Juga: Mudik Lebaran Menanti, Smartfren Tingkatkan Kualitas Jaringan dan Coverage

"Kenaikan berkisar 100 persen, bahkan di pusat bisnis bisa dua kali lipat menjelang lebaran. Kami mengantisipasi masyarakat terutama para wisatawan yang tidak bisa berkunjung siang hari, bisa mengunjungi Beringharjo pada malam hari, sampai pukul 21.00 WIB," kata dia.

Pasar Beringharjo sisi barat yang dibuka hingga malam hari. Rata-rata pedagang pakaian dan cinderamata.

Pemberlakuan tersebut dimulai pada 4 Mei 2022 dan nantinya dilakukan selama dua pekan usai lebaran.

"Pasar dibuka mulai pukul 07.00 WIB. Operasional dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Kita buka malam juga untuk mengantisipasi kepadatan wisatawan. Nantinya kita juga evaluasi," katanya.

Yunianto menegaskan bahwa wisatawan yang datang ke Pasar Beringharjo harus memperketat prokes. Masker wajib digunakan selama aktivitas wisatawan di sekitar Pasar Beringharjo dan Malioboro.

Baca Juga: Hadapi Libur Lebaran, Film Indonesia Diharapkan Jadi Momentum Banyak Ditonton Masyarakat

Terpisah, pedagang di Pasar Beringharjo, Bintoro mengatakan telah menambah stok pakaian di lapak miliknya jelang libur lebaran ini.

"Kita prediksi akan banyak kunjungan wisatawan di libur lebaran ini. Selain itu juga operasional di sini kan sampai malam, jadi kita juga menambah stok pakaian sampai 2 kali lipat untuk dijual. Harapannya dapat mengembalikan perputaran ekonomi pedagang lebih stabil lagi," kata Bintoro dihubungi wartawan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait