facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kasus Covid-19 Melandai, Keterisian Bangsal Isolasi di Kulon Progo Nol Persen

Eleonora PEW Senin, 09 Mei 2022 | 16:25 WIB

Kasus Covid-19 Melandai, Keterisian Bangsal Isolasi di Kulon Progo Nol Persen
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati. - (ANTARA/Sutarmi)

Baning mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski kasus COVID-19 sudah landai.

SuaraJogja.id - Sejak 1 Mei sampai Senin (9/5/2022) hari ini, penambahan kasus COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo melandai, sehingga tingkat keterisian bangsal isolasi di rumah sakit rujukan COVID-19 di wilayah ini sebanyak nol pasien.

"Sejak 1 Mei hingga hari ini, di Kulon Progo tidak ada penambahan harian terkonfirmasi COVID-19. Hal ini tentu berdampak positif terhadap tingkat keterisian bangsal isolasi di rumah sakit rujukan COVID-19 sebanyak nol persen dari 132 tempat tidur yang disediakan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati di Kulon Progo, Minggu.

Seperti diketahui, 132 tempat tidur pasien terkonfirmasi COVID-19 ini disediakan di dua rumah sakit milik pemerintah dan tujuh rumah sakit swasta di Kulon Progo. Sampai saat ini, jumlah terkonfirmasi COVID-19 yang aktif sebanyak 10 pasien. Mereka menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan petugas dari puskesmas dan satgas COVID-19 tingkat desa.

Baning mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski kasus COVID-19 sudah landai. Protokol kesehatan mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Baca Juga: Pantau Perkembangan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Pemerintah Tunggu 20 Hari ke Depan

"Protokol kesehatan dapat menekan penyebaran COVID-19. Kami juga mengingatkan masyarakat yang belum vaksin, segera melakukan vaksin di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Kami siap memberikan pelayanan vaksin," katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Kulon Progo Joko Satyo Agus Nahrowi mengatakan saat ini, jumlah Rukun Tetangga (RT) yang berstatus zona kuning tinggal yakni sembilan RT atau 0,20 persen dari total 4.478 RT.

"Kulon Progo berstatus zona hijau penyebaran COVID-19, terbukti 99,80 persen atau 4.469 RT zona hijau dari total 4.478 RT," katanya. [ANTARA]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait