facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pererat Hubungan dengan Yogyakarta, Duta Besar LBBP Temui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X

Galih Priatmojo Jum'at, 13 Mei 2022 | 15:48 WIB

Pererat Hubungan dengan Yogyakarta, Duta Besar LBBP Temui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Irlandia untuk Indonesia Pádraig Francis menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (13/5) (ANTARA/HO/Pemda DIY)

kedatangan Duta Besar LBBP Republik Irlandia untuk memperkuat hubungan Irlandia dan Indonesia

SuaraJogja.id - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Irlandia untuk Indonesia Pádraig Francis menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan, Yogyakarta, Jumat, mempererat hubungan negaranya dengan Yogyakarta.

"Sebagai duta besar adalah tugas saya untuk membawa Indonesia dan Irlandia, termasuk Yogyakarta bisa punya hubungan lebih dekat," kata Francis seusai bertemu Sultan seperti dikutip dari Antara.

Meski lokasi Indonesia dan Irlandia memiliki jarak yang jauh, menurut dia, kedua negara memiliki cukup banyak kesamaan.

"Saya harap hubungan yang telah terjalin antara kedua negara ini bisa semakin baik sampai ke jaringan antar orang per orang," ujar dia.

Baca Juga: Silaturahmi ke Sri Sultan Hamengku Buwono X, Ini Kata Jokowi Soal Kemacetan Panjang di Pelabuhan Merak Banten

Selain bertemu Sultan, Francis diagendakan memberikan kuliah umum tentang sejarah dan budaya Irlandia bagi mahasiswa di Yogyakarta.

Ia berharap masyarakat Indonesia, khususnya warga Yogyakarta lebih mengenal Irlandia.

"Hari ini saya akan memberikan kuliah dan saya harap hal ini dapat mendorong para mahasiswa untuk mau mempelajari lebih jauh lagi tentang Irlandia dan sejarahnya," ucap Francis.

Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY Agus Priyono menuturkan kedatangan Duta Besar LBBP Republik Irlandia untuk memperkuat hubungan Irlandia dan Indonesia, utamanya Yogyakarta agar bisa semakin dekat dalam bidang budaya, pendidikan, dan pariwisata.

Agus mengatakan dalam pertemuan itu, Francis sempat mengungkapkan jika jumlah warga Indonesia yang belajar di Irlandia masih sedikit, bahkan jumlahnya tidak sampai 100 orang.

Baca Juga: Alun-alun Utara Urung Bisa Digunakan untuk Salat Id, Sri Sultan Hamengku Buwono X: Di Alun-alun Selatan Saja

Untuk itu, Sultan HB X mengusulkan selain di DKI Jakarta, pemerintah Irlandia menggelar pameran pendidikan di Yogyakarta.

"Tadi dikatakan beliau (Duta Besar Irlandia) akan memberikan kuliah. Harapannya ke depan, tidak hanya memberikan kuliah saja, tapi bisa ada jalinan kerja sama antarakademisi perguruan tinggi di Yogyakarta dengan perguruan tinggi di Irlandia," kata Agus.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait