facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bawa Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal SEA Games, Ini Cara Shin Tae-yong Bungkam Myanmar

Galih Priatmojo Selasa, 17 Mei 2022 | 18:45 WIB

Bawa Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal SEA Games, Ini Cara Shin Tae-yong Bungkam Myanmar
Kejeniusan Shin Tae-yong Bawa Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal SEA GAMES/Twitter @tamhaRHidayanto

Berkat kejeniusan Shin Tae-yong dalam meramu taktik Timnas Indonesia U-23 di setiap pertandingan, mampu membawa skuad Garuda Muda lolos ke babak semifinal SEA Games 2021.

SuaraJogja.id - Timnas Indonesia U-23 dipastikan lolos usai pada pertandingan terakhir babak penyisihan Grup A SEA Games 2021 berhasil taklukkan Myanmar 3-1 pada Minggu (15/5/2022) di Stadion Viet Trei, Vietnam.

Skuad Garuda Muda lolos sebagai runner-up Grup A dengan perolehan 9 poin. Di peringkat teratas ada nama tuan rumah Vietnam yang keluar sebagai juara grup.

Tercatat dalam empat laga di babak penyisihan Grup A SEA Games, Indonesia hanya alami kekalahan dari Vietnam di pertandingan pertama. Selebihnya Timnas berhasil menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan.

Lolosnya Timnas Indonesia U-23 ke babak semifinal SEA Games 2021 tak lepas dari kejeniusan Shin Tae-yong dalam menerapkan taktik di setiap pertandingan yang dijalani oleh anak asuhnya.

Baca Juga: Bulu Tangkis SEA Games 2021: Leo / Daniel Menang Mudah, Indonesia vs Thailand 2-2

Pelatih asal Korea Selatan yang berhasil membawa Korsel kalahkan tim raksasa Jerman pada ajang Piala Dunia, kerap menerapkan taktik yang berbeda di setiap pertandingan yang dilakoni Indonesia.

Shin Tae-yong mengaku jika dirinya menggunakan taktik dan strategi yang berbeda pada saat melawan Filipina dan Myanmar. Shin Tae-yong tampak begitu jeli dalam menganalisa kelemahan lawan.

"Memang taktik lawan Filipina dan Myanmar berbeda," ujar Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong mengatakan jika pemain Filipina memiliki postur yang bagus, namun kelemahannya terletak pada bagaimana cara mereka bergerak dalam membalikkan badan. Hal itu kemudian dimanfaatkan olehnya.

"Kalau pemain Filipina memiliki postur baik tapi untuk gerakan balik badannya itu terlambat jadi manfaatkan ruang kosong belakang. Itulah alah kami bisa menang dengan skor besar," ungkap pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Baca Juga: SEA Games 2021: Lalu Muhammad Zohri Bidik Medali Emas di Nomor 100 Meter

Pada saat melawan Myanmar, Shin Tae-yong berkaca pada pertandingan Myanmar lawan Vietnam. Pertandingan tersebut dijadikan referensi bagi Shin Tae-yong untuk menggunakan taktik dan strategi apa yang pantas untuk Indonesia saat hadapi Myanmar.

Diketahui pada saat lawan Myanmar, anak asuh Shin Tae-yong memperagakan taktik pressing yang ketat dan membuat permainan lawan tidak berkembang. Sehingga terbukti, pada babak pertama Indonesia mampu unggul 3-0.

"Kalau untuk analisa Myanmar, saya memang nonton pertandingan Vietnam. Mereka memang bagus dalam organisasi, tapi saya memberi taktik untuk pressing yang baik, dan berhasil. "Sehingga, akhirnya kami mendapatkan kemenangan," ujar Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong mengatakan jika dalam memilih taktik tergantung siapa lawan yang akan dihadapinya. Dia mengaku setiap pertandingan Timnas Indonesia selalu menggunakan taktik yang berbeda.

"Untuk taktik memang tergantung lawan seperti apa, taktik yang kami gunakan berbeda-beda," kata Shin Tae-yong.

Di partai semifinal SEA Games 2021, Timnas Indonesia U-23 akan menantang kekuatan Thailand pada Kamis (19/5/2022). Sementara Vietnam akan berhadapan dengan Malaysia.

Kontributor : Moh. Afaf El Kurnia

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait