facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Prajurit TNI Sumbang 27 Medali Pada Ajang SEA Games 2021, Kasad: Bangga dengan Perjuangan Prajurit

Muhammad Ilham Baktora Selasa, 24 Mei 2022 | 15:15 WIB

Prajurit TNI Sumbang 27 Medali Pada Ajang SEA Games 2021, Kasad: Bangga dengan Perjuangan Prajurit
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman. [Dok Dispenad]

Prestasi atlet TNI AD itu juga sebagai bukti bahwa prajurit mampu mengimplementasikan dengan baik Tujuh Perintah Harian Kasad.

SuaraJogja.id - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengapresiasi prestasi yang diraih para prajurit TNI AD dalam ajang Pesta Olahraga Asia Tenggara atau SEA Games ke-31 di Hanoi, Vietnam.

Atlet TNI Angkatan Darat menyumbangkan sembilan medali emas, 13 medali perak, dan lima medali perunggu atas nama Indonesia. Yang totalnya mencapai 27 medali.

"Kasad Jenderal Dudung Abdurachman, selaku pimpinan TNI AD, merasa bangga dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para atlet yang berasal dari prajurit TNI AD, yang telah berjuang dengan gagah berani mempertaruhkan harkat dan martabat bangsa, sehingga mendapatkan prestasi yang mengharumkan nama baik TNI AD khususnya kehormatan bangsa dan negara," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna dalam dikutip dari Antara, Selasa (24/5/2022).

Pada ajang bergengsi tingkat Asia Tenggara yang digelar dua tahunan tersebut, terdapat 27 prajurit TNI AD yang memperkuat Kontingen Indonesia. Mereka terdiri atas 23 atlet dan empat ofisial.

Baca Juga: 5 Prajurit TNI Terlibat Kasus Kerangkeng Manusia di Langkat Ditahan

Ke-23 atlet TNI AD tersebut diterjunkan untuk bertanding di cabang olahraga (cabor) menembak, dayung, atletik, karate, judo, dan renang. Dari 23 atlet tersebut, 18 di antaranya berhasil menyumbangkan medali bagi kontingen Indonesia.

"Prestasi yang membanggakan ini dapat menjadi contoh dan motivasi bagi prajurit TNI AD lainnya. Bukan hanya di cabang olahraga saja, namun juga berprestasi di bidang lain yang dapat mengharumkan nama baik TNI AD, bangsa, dan negara," kata Tatang.

Prestasi atlet TNI AD itu juga sebagai bukti bahwa prajurit mampu mengimplementasikan dengan baik Tujuh Perintah Harian Kasad, yang salah satunya menyatakan "Jati diri TNI AD sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional, dan Tentara Profesional".

"Kehadiran prajurit TNI AD juga senantiasa memberikan dampak pada lingkungan dan dirasakan manfaatnya untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara," jelasnya.

Sebagaimana diketahui penyelenggaraan SEA Games 2021 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, ditutup secara resmi pada hari Senin (23/5/2022).

Baca Juga: Panglima TNI Sebut 10 Prajurit TNI Tersangka Kasus Kerangkeng Manusia di Langkat, Komnas HAM: Kami Apresiasi

Pada ajang olahraga tersebut, kontingen Indonesia menempati urutan ketiga dari sebelas negara di kawasan Asia Tenggara, dengan peraihan medali sejumlah 69 emas, 91 perak, dan 80 perunggu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait