facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kisah Kesederhanaan Buya Syafii Maarif, Biasa Bersepeda Onthel dan Naik KRL ke Istana Bogor

Agatha Vidya Nariswari Jum'at, 27 Mei 2022 | 13:52 WIB

Kisah Kesederhanaan Buya Syafii Maarif, Biasa Bersepeda Onthel dan Naik KRL ke Istana Bogor
Buya Syafii Maarif. (Setneg.go)

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu selama ini dikenal sebagai sosok yang bersahaja.Ada sejumlah kisah kesederhanaan guru besar bangsa tersebut yang viral di media sosial

SuaraJogja.id - Wafatnya Ahmad Syafii Maarif atau yang akrab disapa Buya Syafii meninggalkan kesedihan mendalam bagi banyak masyarakat Indonesia. Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu selama ini dikenal sebagai sosok yang bersahaja dan dikenal sebagai sosok guru bangsa.

Ada sejumlah kisah kesederhanaan guru besar bangsa tersebut yang viral di media sosial. Berikut ini beberapa kisah Buya Syafii Maarif yang dapat menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Naik KRL ke Istana Bogor

Pada Agustus 2017 lalu warganet dibikin terkesan dengan foto Buya Syafii Maarif yang tengah naik kereta rel listrik (KRL) dan berbaur bersama warga lain. Buya yang mengenakan kemeja batik dan membawa tongkat tampak diapit dua lelaki.

Baca Juga: Kenang Buya Syafii Maarif: Emoh Dijemput, Naik Kereta Ekonomi ke Istana Presiden

Dalam foto lain, Buya tampak akrab ngobrol bersama seorang lelaki saat sedang menunggu KRL di stasiun. Kedua foto itu menunjukkan perjalanannya dari Jakarta menuju Bogor untuk menghadiri peluncuran Program Penguatan Pendidikan Pancasila yang diresmikan Presiden Joko Widodo, 12 Agustus 2017. Saat itu Buya menjabat anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP).

2. Hobi Bersepeda Onthel

Buya Syafii Maarif bukanlah tokoh yang gemar menunjukkan kemewahan. Dalam keseharian, Buya kerap mengayuh sepeda untuk beraktivitas. Hobinya tersebut pun sempat viral saat dia kedapatan mengayuh sepeda dari rumahnya di Nogotirto, Gamping, ke gedung Tiara Graha, Sleman.

Saat itu, 5 Agustus 2012, Buya Syafii menghadiri bedah buku Marhaenisme Muhammadiyah.

“Saya sudah bertahun-tahun bersepeda,” kata Buya Syafii singkat.

Baca Juga: Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, Megawati Instruksikan Keluarga PDIP-BPIP Beri Penghormatan Terbaik

3. Kesederhanannya Viral

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait