facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kenang Sosok Buya, Menhub: Sangat Mengayomi dan Menginspirasi

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Jum'at, 27 Mei 2022 | 15:17 WIB

Kenang Sosok Buya, Menhub: Sangat Mengayomi dan Menginspirasi
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

Budi mengaku kagum dengan sifat kepemimpinan Buya semasa hidupnya.

SuaraJogja.id -  Indonesia tengah berduka setelah kehilangan salah satu putra terbaik bangsa Buya Syafii Maarif pada Jumat (27/5/2022). 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang langsung hadir ke RS PKU Muhammadiyah Gamping untuk mendokakan Buya Syafii mengucapkan duka cita yang mendalam. Ia mengenang Buya sebagai sosok yang luar biasa.

"Buya adalah suatu sosok yang luar biasa. Sangat mengayomi, sangat menginspirasi dan sangat memberikan semangat bagi kita yang muda-muda ini untu berbuat lebih baik," kata Budi Karya ditemui di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Jumat (27/5/2022).

Budi mengaku kagum dengan sifat kepemimpinan Buya semasa hidupnya. Bahkan di kala usia yang tak lagi muda masih tetap bersemangat menginspirasi masyarakat luas.

Baca Juga: Pertemuan Terakhir dengan Buya Syafii Maarif, Ganjar Pranowo: Saya Dibikin Geer

"Saya begitu kagum, leadership beliau di masa-masa sudah lanjut usia beliau almarhum tetap bersemangat memberikan inspirasi memberikan dorongan kepada kita-kita semua untuk tidak berbuat kepada Muhammadiyah saja tetapi juga tentang kebangsaan," ujarnya.

Wafatnya Buya, kata Budi merupakan kehilangan besar bagi bangsa Indonesia. Dalam kesempatan ini ia juga memberikan doa terbaik bagi almarhum Buya Syafii Maarif. 

"Jadi kita sangat kehilangan tokoh Buya ini yang menjadi panutan kita bangsa Indonesia. Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Cendekiawan muslim Ahmad Syafii Maarif atau yang akrab disapa Buya Syafii meninggal dunia pada Jumat pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping.

"Beliau (Buya) meninggal di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping dimana kita berada pada pagi hari ini. Pada hari ini Jumat 27 Mei 2022 persis jam 10.15 waktu Indonesia bagian barat," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. 

Baca Juga: Kenang Syafii Maarif, Waketum MUI: Tokoh yang Tak Haus Kekuasaan

Disampaikan Haedar, Buya Syafii sendiri wafat pada usia ke 86 tahun.

Ia mengatakan jenazah Buya akan diberangkatkan ke Masjid Besar Kauman Yogyakarta untuk disalatkan terlebih dulu. Sebelum akhirnya diberangkatkan ke pemakaman Husnul Khotimah di Kulon Progo. 

"Di Masjid Besar Kauman dulu, sampai nanti ashar dan setelah salat ashar nanti akan diberangkatkan ke pemakaman Husnul Khotimah di kawasan Sentolo Kulon Progo," tandasnya.

Diketahui Buya Syafii sendiri sudah sempat dirawat di rumah sakit karena terkena serangan jantung ringan pada akhir Maret lalu. Hingga kemudian masuk kembali ke rumah sakit pada Mei kemarin hingga dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait