facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bantu Wujudkan Akselerasi Ekonomi Digital, Gojek dan Pemkot Jogja Kerja Sama di Teras Malioboro 2

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Kamis, 09 Juni 2022 | 20:51 WIB

Bantu Wujudkan Akselerasi Ekonomi Digital, Gojek dan Pemkot Jogja Kerja Sama di Teras Malioboro 2
Peresmian Pojok #PastiAdaJalan oleh Gojek dan Pemerintah Kota Yogyakarta di Teras Malioboro 2, Kamis (9/6/2022). [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

Gojek dan Pemkot Yogyakarta jalin kerja sama di Teras Malioboro 2

SuaraJogja.id - Gojek semakin memperkuat komitmen untuk terus mendukung para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Yogyakarta. Akselerasi ekonomi digital menjadi salah satu solusi yang ditawarkan demi percepatan pemulihan dan perkembangan ekonomi UMKM di masa pandemi Covid-19. 

Hal itu diwujudkan dalam acara peresmian kerja sama antara Gojek dan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta di Teras Malioboro 2 Pojok #PastiAdaJalan, Kamis (9/6/2022).

Direktur GoTo dan Head of Food and Indonesia Sales & Ops Gojek, Catherine Hendra Sutjahyo mengatakan kegiatan ini sebagai penegasan kembali komitmen Gojek untuk terus membantu pelaku UMKM yang ada di Jogja. Agar nantinya dapat semakin bertumbuh di masa digital sekarang ini 

"Jadi kita kerja sama dengan pemerintah kota Jogja. Tidak bisa dipungkiri namanya Jogja pasti akan ke Malioboro. Jadi kita pengen banget di masa digitalitasi ini bagaimana kita bisa bekerja sama untuk membantu UMKM semakin eksis dan tumbuh melalui digitalitasi," kata Catherine kepada awak media di Teras Malioboro 2, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga: KPK: Mantan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti Berperan "Kawal" Permohonan IMB Apartemen di Malioboro

Disampaikan Catherine, hal ini disambut baik oleh Pemkot Yogyakarta. Mengingat kesamaan misi yang memang hendak dituju untuk kemajuan daerahnya.

Pandemi Covid-19, kata Catherine, benar-benar menjadi sebuah momentum untuk segera melakukan akselerasi terhadap digitalitasi ini. Terlebih kepada para pelaku UMKM yang masih menggantungkan pada sepenuhnya pelayanan offline saja.

Ada dua hal setidaknya yang dilakukan Gojek untuk mendukung percepatan digitalitasi pelaku UMKM di masa pandemi Covid-19. Pertama dengan membuat UMKM kuliner masuk ke sistem online.

"Kita kerjakan supaya buru-buru UMKM kuliner dibikin online supaya mereka ada pendapatan online. Pada saat offline lagi turun supaya dropnya tidak terlalu besar. Itu pertama kita onlinekan mereka agar tetap eksis, ngga cuma eksis tapi juga bertumbuh," terangnya. 

Kedua saat kebanyakan orang engga memegang uang tunai secara langsung. Pada saat itu juga Gojek datang untuk membantu dengan sistem non tunai atau cashless berupa gopay agar memberikan perasaan lebih aman. 

Baca Juga: Beredar Foto Jadul di Kawasan Wisata Malioboro Tahun 1986, Publik Salfok Lihat Helm Legendaris Ini

"Kembali lagi kan misi kita adalah menjadi solusi, katalis untuk problem apapun yang ada di masyarakat, mudah-mudahan itu bisa membantu," tuturnya.

Sementara itu, VP Strategic Region Gojek Central West Java, Anandita Danaatmadja menuturkan ada dua macam merchant yang ada khusus di Teras Malioboro 2. Pertama adalah food and beverage dan kedua adalah souvenir.

"Nah, nanti kalau yang food and beverage itu kita fokuskan ke gofood. Jadi supaya lebih banyak lagi transaksinya. Lalu untuk yang non food and beverage itu pakai gopay," ujar Anadita

Ia tidak memungkiri bahwa masih ada tantangan yang perlu dihadapi. Pertama terkait dengan akses keuangan para pelaku UMKM itu sendiri.

"Ternyata mereka itu banyak sekali yang belum punya rekening-rekening bank. Kedua itu mereka belum punya smartphone. Maka itu dua yang kota fasilitasi supaya mereka bisa lebih tumbuh," jelasnya.

Pejabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Sumadi menyambut baik kerja sama dengan Gojek ini. Terlebih mengingat baik Pemkot Jogja dan Gojek juga memiliki misi yang sama untuk memajukan UMKM lokal. 

"Terima kasih kepada Gojek yang telah mau berkenan bekerja sama dengan kami dan membantu beberapa hal terkait kesediaan di Teras Malioboro 2 ini. Mudah-mudahan ini bermanfaat," kata Sumadi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait