facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kisah Ibu-ibu Rela Kerek Modem Ke Atas Pohon Demi Sekolah Anak

Muhammad Ilham Baktora Rabu, 22 Juni 2022 | 10:34 WIB

Kisah Ibu-ibu Rela Kerek Modem Ke Atas Pohon Demi Sekolah Anak
Tangkapan layar seorang ibu membantu anak mendapatkan sinyal internet untuk kebutuhan sekolah (Instagram/@majeliskopi08)

Hal tersebut menjadi viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Instagram @majeliskopi08.

SuaraJogja.id - Semenjak pandemi Covid-19 merebak di Indonesia, beragam langkah dilakukan oleh pemerintah agar kebutuhan negara dan masyarakat masih dapat terpenuhi. Salah satunya di bidang pendidikan.

Agar masyarakat dapat mengakses layanan pendidikan, berbagai kebijakan ditempuh oleh pemerintah. Salah satunya yakni perubahan sistem pembelajaran menjadi berbasis Internet atau online, dimana pelajar tak lagi harus datang ke sekolah dan belajar tatap muka melainkan cukup bermodalkan handphone atau laptop dan juga layanan internet.

Meski sistem tersebut telah berjalan, namun nyatanya hal tersebut turut mendatangkan masalah baru. Beberapa daerah yang memiliki akses internet yang minim menjadi masalah utama masyarakat daerah tersebut untuk dapat mengikuti sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Seperti kisah seorang warga di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, ia harus mengerek modem hingga ke atas pohon agar bisa mendapatkan sinyal untuk  keperluan sekolah sang anak seperti mengikuti pembelajaran maupun mengirimkan tugas.

Baca Juga: Kisah Adel, Gadis Pekerja Hiburan Malam yang Ditemukan Tewas Bersimbah Darah di Pantai Kawasan Wisata Ujunggenteng

Hal tersebut menjadi viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Instagram @majeliskopi08 pada Senin (20/06/2022).

Dalam unggahan video yang dibagikan, tampak seorang ibu-ibu tengah berada di samping sebuah rumah dan berdiri di bawah pohon yang cukup tinggi.

Tampak di sisi pohon tersebut terdapat sebuah bambu yang panjangnya setinggi pohon tersebut, menjulang ke langit dan ujung lainnya terikat dengan batang pohon tersebut.

Kemudian seorang wanita menghampiri ibu tersebut sambil mkeam aktivitas yang tengah dilakukan ibu tersebut.

Bu, ini ibu ngapain bu?” tanya seseorang dalam video, dikutip SuaraJogja.id, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Kisah Pilu di Balik Nama Pangeran William, Diduga Ode untuk Bangsawan Kerajaan yang Alami Kematian Tragis

Tampak ibu tersebut membawa sebuah wadah plastik yang dilapisi selembar kian berwarna biru yang terikat dengan tali yang juga terikat dengan sebilah bambu tersebut.

Usut punya usut, ibu tersebut tengah mencari sinyal internet lantaran anaknya hendak mengikuti pembelajaran dan mengirimkan tugas saat itu.

Mau nyari sinyal,” ucap ibu tersebut.

Ini modem terus dinaikkan,” lanjutnya seraya memasukan sebuah modem kedalam wadah tersebut dan mengerek tali yang mengikat wadah sehingga modem tersebut mencapai ke ujun bambu yang tingginya hampir sama dengan pohon di sebelahnya itu.

Unggahan inipun mendapat beragam komentar dari warganet. Beberapa warganet pun tampak meuapkan keluhan yang serupa yang di tunjukkan kepada pemerintah atas kebijakan pembelajaran online yang justru mendatangkan masalah baru.

Demi anak ibu rela nyari sinyal hingga caranya seperti ini. Internet perlu kuota tapi harusnya ada solusi terbaik buat ibunya supaya tidak ribet, bikin grup supaya bisa bareng-bareng internetannya bu. Perjuangan ibu demi anak patut dihargai,” tulis @yakuzabdg5.

Luar Pulau Jawa masih banyajj yang belum terjangkau, semoga yang punya kebijakan bisa menindaklanjuti agar lebih maju,” tulis @handokoacep.

Kalo ada yang susah kenap harus dipermudah, jujur sangat merepotkan dengan cara pembelajaran yang sekarang,” tulis @lubnahsafiq75_dapoer_loeloe.

Kontributor : Gita Putri Rahmawati

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait