facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sempat Tak Bernapas, Seorang Perenang Diselamatkan Saat Pingsan di Kolam Kejuaraan Dunia

Eleonora PEW Kamis, 23 Juni 2022 | 20:20 WIB

Sempat Tak Bernapas, Seorang Perenang Diselamatkan Saat Pingsan di Kolam Kejuaraan Dunia
Ilustrasi perenang/atlet renang. (Shutterstock)

Andrea Fuentes melompat untuk menyelamatkan Alvarez, yang tenggelam ke dasar kolam.

SuaraJogja.id - Anita Alvarez, seorang perenang artistik, pingsan saat mengikuti Kejuaraan Dunia Akuatik (FINA) di Budapest, Hongaria. Ia pun diselamatkan dari dasar kolam oleh pelatih kepala Tim Amerika Serikat (AS), dengan proses yang berlangsung dramatis.

Andrea Fuentes melompat untuk menyelamatkan Alvarez, yang tenggelam ke dasar kolam dan tidak bernapas setelah pingsan pada akhir routine final bebas solo Rabu malam.

"Itu sangat menakutkan. Saya harus melompat karena para petugas keselamatan tidak melakukannya," kata Fuentes seperti dilaporkan oleh surat kabar Spanyol Marca yang dikutip AFP, Kamis.

Fuentes, sedang tidak berbaju renang tetapi mengenakan celana pendek dan T-shirt, menyelam ke dasar kolam dan menarik Alvarez ke permukaan sebelum dibantu untuk membawa perenang Amerika itu ke tepi kolam.

Baca Juga: Perenang Artistik Anita Alvarez Pingsan di Dasar Kolam Renang, Petugas Penyelamat Sempat Tertegun

"Saya takut karena saya lihat ia tidak bernapas, tapi sekarang ia sangat baik," kata Fuentes, peraih medali renang artistik Olimpiade empat kali.

Alvarez dibawa dengan tandu ke pusat medis kolam tersebut, dengan rekan-rekan setimnya dan fans syok di pinggir kolam, dan beberapa menitikkan air mata saling menghibur satu sama lain.

"Itu sangat intens," kata Fuentes kepada surat kabar AS. "Saya pikir ia paling tidak dua menit tidak bernapas karena paru-parunya penuh air.

"Tapi kami bisa membawanya ke tempat yang bagus, ia memuntahkan airnya, batuk dan hanya itu, tetapi itu sangat menakutkan."

Fuentes mengkritik lambannya reaksi para penyelamat dalam Kejuaraan Dunia Akuatik, yang akan berakhir pada Minggu setelah 10 hari kompetisi.

Baca Juga: Mundur dari Tiga Turnamen Asia Tenggara, Kevin/Marcus Fokus Kejuaraan Dunia

"Ketika saya melihatnya tenggelam, saya memandang ke arah para penyelamat itu, tapi saya lihat mereka tertegun. Mereka tidak bereaksi," kata Fuentes seperti dilaporkan surat kabar tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait