Sultan HB X Berharap Semuanya Bisa Terima Hasil Pemilu 2019

Chandra Iswinarno
Sultan HB X Berharap Semuanya Bisa Terima Hasil Pemilu 2019
Sri Sultan Hamengkubuwono X. [Antara/Agus Nugroho].

Dalam kesempatan tersebut, Sultan HB X turut mengucapkan selamat kepada Pasangan Capres - Cawapres 01 Joko Widodo - Maruf Amin.

Suara.com - Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuai beragam respon di beberapa lapisan masyarakat.

Salah satunya dari Raja Keraton Yogyakarta yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. Kepada berbagai pihak yang berkepentingan, ia meminta agar semuanya bisa menerima hasil pemilu dengan suasana dingin dan lapang dada.

"Diharapkan agar para pihak, menginisiasi rekonsiliasi untuk mendinginkan suasana kebatinan para pendukungnya dengan penuh lapang dada, guna menjaga persatuan bangsa," ujar Sultan Selasa (21/05/2019)

Dalam kesempatan tersebut, Sultan turut mengucapkan selamat kepada Pasangan Capres - Cawapres 01 Joko Widodo - Maruf Amin sekaligus berharap para pendukungnya merayakan kemenangan dengan tepo saliro bukan seperti merayakan kemenangan perang.

Sedangkan kepada Pasangan Capres - Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, Sultan berpesan untuk selalu mengedepankan sikap ksatria. Sultan juga mempersilahkan, jika pihak 02 merasa keberatan agar menempuh jalur hukum dengan didukung bukti-bukti yang sah dan meyakinkan.

"Sedangkan bagi pasangan Prabowo-Sandiaga Uno, amat diharapkan agar tetap mengedepankan sikap ksatria. Kalau pun masih dirasa ada keberatan, hendaknya ditempuh melalui jalur hukum dengan dukungan bukti-bukti yang sah dan meyakinkan. Dengan harapan lanjut, agar tidak membawanya ke ranah demokrasi jalanan," ucapnya.

Kepada seluruh masyarakat DIY, Sultan berharap agar kohesi sosial dieratkan kembali serta membangun kebersamaan, membuka sekat-sekat, dan melenyapkan limbah-limbah pemilu dengan semangat Keistimewaan Yogyakarta.

"Saya berharap, dengan penuh kepercayaan, hendaknya mengeratkan kembali kohesi sosial, membangun kebersamaan dengan semangat Jogja Istimewa. Untuk itu agar senantiasa menjalin kerukunan dengan membuka sekat-sekat dan melenyapkan limbah pemilu lalu, menjaga ketenangan dan ketertiban masyarakat untuk mengembalikan harmoni hubungan dalam kehidupan bermasyarakat bangsa," harap Sultan.

Kontributor : Rahmad Ali

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS