Sebelum Aksi, Peserta Aksi Kedaulatan Rakyat Gelar Salat Ghaib

Chandra Iswinarno | Muhammad Ilham Baktora
Sebelum Aksi, Peserta Aksi Kedaulatan Rakyat Gelar Salat Ghaib
Peserta Aksi Kedaulatan Rakyat telah memenuhi area masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Jumat (24/5/2019). [Suara.com/Muhammad Ilham Baktora]

Terpisah, ratusan peserta berbaju serba hitam telah memenuhi Alun-alun Lor Yogyakarta sebelum berjalan ke KM 0.

Suara.com - Sejumlah peserta Aksi Kedaulatan Rakyat telah memenuhi area masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta. Massa yang rencananya melakukan aksi damai di KM 0, Yogyakarta, Jumat (24/5/2019) itu terlebih dulu melaksanakan sholat ashar berjamaah di masjid setempat.

Selepas salat ashar, peserta juga melakukan salat ghaib (jenazah) untuk mendoakan saudara muslim yang terlibat bentrok dengan aparat pada aksi demo di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Peserta juga sempat melakukan orasi di dalam masjid setempat dengan mengecam aksi aparat yang diduga menewaskan beberapa peserta aksi demo yang berjalan ricuh.

Terpisah, ratusan peserta berbaju serba hitam telah memenuhi Alun-alun Lor Yogyakarta sebelum berjalan ke KM 0.

Seorang peserta, Subagiyo mengungkapkan aksi ini sebagai bentuk dukungan dan berbelasungkawa atas tewasnya peserta demo di Jakarta beberapa hari lalu.

"Saya datang dari Sleman, saya ikut tergerak setelah aksi yang terjadi di Jakarta. Saya menyayangkan, aparat bertindak berlebihan hingga menewaskan saudara-saudara kami yang berjuang di depan kantor Bawaslu. Kami ikut berdoa agar aksi kami mendapat perhatian pemerintah dan aparat bertanggung jawab dengan apa yang mereka lakukan," kata dia.

Aksi tersebut mulai membuat sejumlah jalanan padat dan macet. Beberapa polisi juga telah mengatur ruas jalan untuk mengurai kemacetan di sekitar alun-alun lor hingga ke KM 0.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS