Tolak Pengesahan Sejumlah RUU, Ribuan Mahasiswa Demo di Gejayan

Dwi Bowo Raharjo
Tolak Pengesahan Sejumlah RUU, Ribuan Mahasiswa Demo di Gejayan
Demonstrasi #GejayanMemanggil atau Gejayan Memanggil. (Suara.com/Putu)

Mereka datang atas seruan #GejayanMemanggil yang viral sejak beberapa hari lalu.

Suara.com - Ribuan mahasiswa dari berbagai Universitas di Yogyakarta melakukan aksi di pertigaan Colombo, Gejayan, Yogyakarta, Senin (23/9/2019) siang. Mereka datang atas seruan #GejayanMemanggil yang viral sejak beberapa hari lalu.

Massa seperti dari UGM, UIN Sunan Kalijaga, dan USD serta PP Muhammadiyah Yogyakarta datang dari beberapa titik kumpuk sebelumnya.

Dalam aksinya tersebut, massa mengkritik kebijakan DPR RI dan pemerintah yang bakal menerbitkan beberapa UU. Diantaranya revisi UU KPK yang sudah disahkan menjadi undang-undang, RUU Pertanahan, hingga RUU KUHP.

Sejumlah perwakilan mahasiswa dari beberapa kampus melakukan orasi ditengah unjuk rasa. Mereka juga menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Massa membawa berbagai spanduk, bendera dan poster yang bertuliskan penolakan 'kembali ke jaman Orde Baru' (ORBA).

Aksi dijaga ketat pihak kepolisian yang berada di sejumlah titik. Penutupan jalan pun dilakukan dari arah barat dan selatan.

Kapolres Sleman, AKBP Rizky Ferdiansyah mengungkapkan lalu lintas dialihkan ke sejumlah titik. Bila sampai massa penuh di ruas jalan maka akan ditutup total.

Sebanyak 300 anggota kepolisian diturunkan untuk mengamankan demo. Mereka terdiri dari Sabara dan lalulintas.

"Demo izinnya sampai jam 5 sore. Adik-adik kan cerdas pasti paham. Nanti kami ingatkan," jelasnya.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS