Warga Dusun Corot Digegerkan Temukan Granat Aktif di Pekarangan Rumah

Chandra Iswinarno
Warga Dusun Corot Digegerkan Temukan Granat Aktif di Pekarangan Rumah
Ilustrasi granat nanas. [Suara.com/Abdul Aziz]

Ketika sedang menyapu pekarangannya, Hendro menemukan benda mirip granat ketika dilihat dari bentuknya.

Suara.com - Warga Dusun Corot RT 15 di Desa Karangduwet, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul digegerkan penemuan satu granat berjenis nanas pada Minggu (3/11/2019) pagi.

Penemu granat tersebut Hendro Triyono mengatakan, temuan tersebut berawal saat membersihkan pekarangan rumahnya. Ketika sedang menyapu pekarangannya, ia menemukan benda mirip granat ketika dilihat dari bentuknya.

"Pagi-pagi saya sedang membersihkan pekarangan rumah, setelah itu saya temukan itu (granat)," kata Hendro saat ditemui di lokasi.

Setelah menemukan granat itu, Hendro memberitahu warga sekitar untuk melaporkan kepada polsek setempat. Hendro menduga granat tersebut telah lama berada di pekarangannya karena benda tersebut sudah dipenuhi tanah.

Setelah warga melaporkan ke Polsek Paliyan, Tim Gegana Polda DIY datang ke lokasi untuk mengevakuasi granat sekitar pukul 13.30 WIB. Tak berselang lama, granat berhasil diangkat dari lokasi dan segera dibawa anggota Gegana untuk diidentifikasi sebelum membungkus granat dengan peralatan khusus.

Kapolsek Paliyan AKP Edy Purnomo menjelaskan, dari laporan sementara Tim Gegana, granat jenis nanas tersebut ternyata masih aktif. Namun saat dikonfirmasi asal granat tersebut, Edy mengaku masih melakukan penelusuran lebih lanjut.

"Kata Pak Katim Gegana, granatnya ternyata masih aktif. Memang granatnya sudah termakan korosi, tapi inti dalamnya masih aktif," kata dia.

Meski begitu, Eddy memperkirakan, wilayah tersebut pernah menjadi lokasi latihan anggota TNI. Namun demikian, walaupun wilayah tersebut digunakan tempat latihan, namun untuk beristirahat para anggota latihan tidak pernah menggunakan halaman rumah warga.

"Mereka ada tempat-tempat tertentu untuk istirahatnya," ujarnya.

Kontributor : Julianto

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS