Harapan Besar Pengelola Monjali di Hari Pahlawan 10 November

Bangun Santoso | Muhammad Ilham Baktora
Harapan Besar Pengelola Monjali di Hari Pahlawan 10 November
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Museum Monumen Jogja Kembali (Monjali), Yudi Pranowo. (Suara.com/Ilham Baktora)

Sejumlah atraksi digelar di Monjali Yogyakarta di Hari Pahlawan 10 November

Suara.com - Hari Pahlawan 2019 mengambil tema "Aku Adalah Pahlawan Masa Kini". Artinya, tiap diri masyarakat berperan menjadi pahlawan dalam meraih segala hal yang baik dengan semangat pahlawan zaman dulu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Museum Monumen Jogja Kembali (Monjali), Yudi Pranowo berharap generasi muda selalu membawa semangat juang pahlawan dalam meraih prestasi. Hal itu merupakan salah satu bentuk perjuangan yang bisa dilakukan masyarakat di era modern.

Badan Pengelola Museum Monjali menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019). Kegiatan tersebut juga mengibarkan bendera raksasa berukuran 24 x 18 meter dan penampilan pemain biola cilik di kerucut Monjali.

"Acara ini sebagai simbolisasi kepada generasi muda. Jadi untuk mencapai kejayaan itu dibutuhkan perjuangan keras seperti pahlawan zaman dahulu. Namun zaman sudah berubah, anak muda bisa menunjukkan perjuangannya dengan meraih banyak prestasi," ungkapnya saat ditemui SuaraJogja.id.

Menurut Yudi, Hari Pahlawan 2019 kali ini mengambil tema "Aku Adalah Pahlawan Masa Kini". Artinya tiap diri masyarakat berperan menjadi pahlawan dalam meraih segala hal yang baik dengan semangat juang 45. Dimana segala pengorbanan diberikan untuk memerdekakan Indonesia.

Peringatan Hari Pahlawan 10 November di Museum Jogja Kembali atau Monjali, Minggu (10/11/2019). (Suara.com/Ilham Baktora)
Peringatan Hari Pahlawan 10 November di Museum Jogja Kembali atau Monjali, Minggu (10/11/2019). (Suara.com/Ilham Baktora)

"Sesuai tema nasional itu kami berharap anak muda (di DIY) mampu menunjukkan prestasi terbaiknya. Nah tepat 10 November sebagai Hari Pahlawan, generasi muda harus memiliki landasan ini dalam meraih berbagai prestasi di bidangnya. Jadi lelah serta pengorbanan yang mereka lakukan tidak sia-sia dengan sifat kepahlawanan itu," ujar Yudi.

Lebih lanjut, Yudi menerangkan kehadiran Museum Monjali di Kabupaten Sleman ini menjadi pengingat bagi masyarakat khususnya anak muda dalam menghormati jasa pahlawan. Sehingga ke depan, apa yang telah diperjuangkan pahlawan dapat diimplementasikan anak muda saat ini lewat berbagai hal positif.

Acara tersebut dihadiri puluhan peserta dari siswa MTS 6 Sleman, AMTA, tim panjat tebing Mapala UPN “Veteran” Yogyakarta, Mapala Galaxi Universitas Proklamasi, karyawan Monjali serta sejumlah pemain biola cilik. Kegiatan digelar pada pukul 08.00-09.00 WIB dan dilanjutkan dengan hiburan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS