Hari Pahlawan, Menhan Prabowo Resmikan Patung Jenderal Sudirman di Sleman

Chandra Iswinarno | Muhammad Ilham Baktora
Hari Pahlawan, Menhan Prabowo Resmikan Patung Jenderal Sudirman di Sleman
Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto meresmikan patung Jenderal Sudirman yang didirikan di salah satu rumah milik mantan Kepala BIN, AM Hendropriyono di Sleman. [Suara.com/M Ilham B]

Dengan dibangunnya patung setinggi tiga meter tersebut menjadi penghargaan untuk jasanya dan menjadi contoh bagi generasi saat ini .

Suara.com - Patung Jenderal Sudirman inisiatif buatan Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono. Patung tersebut menjadi simbol perjuangan pahlawan di DIY.

Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan patung Jenderal Sudirman. Patung Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu berdiri di Jalan Ringroad Barat, Turusan, Banyuraden, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan sejumlah tokoh bangsa dan keluarga TNI-Polri.

Dalam sambutannya, Prabowo mengungkapkan Jenderal Sudirman merupakan pahlawan yang berkorban banyak untuk kemerdekaan Indonesia. Maka dengan dibangunnya patung setinggi tiga meter tersebut menjadi penghargaan untuk jasanya dan menjadi contoh bagi generasi saat ini .

"Jika saja Panglima Besar kita menyerah kepada mereka (penjajajah). Kita tak akan bisa berada di tempat ini bersama. Sehingga perjuangannya tak bisa disia-siakan. Jenderal Sudirman menjadi suri tauladan untuk kita," kata Prabowo saat memberi sambutan pada Minggu (10/11/2019) malam.

Sejatinya, pendirian patung tersebut diinisiasi oleh Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono. Prabowo menyebut dedikasi mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) tidak akan pernah mati dan dianggap sebagai prajurit zaman dahulu yang tak pernah lekang oleh zaman.

"Hendropriyono ini seperti old soldier never die and they not fade away. Beliau masih bangga dengan pakaian veteran. Hingga saat ini beliau masih memberi contoh kepada generasi penerus," puji Prabowo.

Peringatan Hari Pahlawan di salah satu rumah milik AM Hendropriyono itu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, selanjutnya. Prabowo juga mendapat kehormatan dari Legiun Veteran Yogyakarta dengan diberikannya topi perjuangan kebanggaan veteran.

Setelah penyematan, Prabowo memberi sambutan dan meresmikan patung Jenderal Sudirman tersebut.

AM Hendropriyono mengungkapkan, pendirian patung itu tak lain untuk menjadi pengingat serta semangat generasi penerus dalam menghormati jasa pahlawannya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS