Cocok untuk Petualangan, Wisata Gumuk Pasir Bantul Dapat Penghargaan API

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Cocok untuk Petualangan, Wisata Gumuk Pasir Bantul Dapat Penghargaan API
Zaskia Adya Mecca di Gumuk Pasir, Parangtritis, Bantul - (Instagram/@zaskiadyamecca)

Yudiriani pun berharap, penghargaan ini akan makin mendorong Bantul untuk terus meningkatkan pengelolaan dan promosi objek wisatanya.

SuaraJogja.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan penghargaan untuk objek wisata Gumuk Pasir di kawasan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Penghargaan itu diberikan melalui ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 untuk kategori destinasi Olahraga dan Petualangan Terpopuler.

"Pada 22 November lalu Bantul mendapat award terbaik tiga, kategori Olahraga dan Petualangan Terpopuler untuk Gumuk Pasir, yang merupakan salah satu destinasi yang ada di kawasan Pantai Parangtritis," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Bantul Ni Nyoman Yudiriani di Bantul, Selasa (26/11/2019).

Dilansir Antara, Yudiriani mengatakan, penghargaan API 2019 itu diserahkan langsung pejabat perwakilan Menteri Parekfraf pada Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Balairung Gedung Sapta Pesona Jakarta pada Jumat (22/11/2019) lalu.

Yudiriani menjelaskan, API 2019 telah diselenggarakan Kemenparekraf dan Tim Ayo Jalan Jalan sejak 1 Juni sampai 31 Oktober.

Masyarakat diajak ikut serta memilih pemenang dari 18 kategori dengan memberikan vote melalui empat saluran, yaitu SMS premium semua operator, aplikasi API Award, Aplikasi Praja TV, dan YouTube.

Berdasarkan informasi yang didapat Yudiriani dari panitia API 2019, vote dan jumlah tontonan yang telah masuk mencapai angka ratusan ribu, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Hal itu merupakan penanda bahwa video nominasi merupakan sarana promosi yang baik bagi Pariwisata Indonesia, dan tentu saja membawa manfaat besar bagi seluruh daerah yang masuk nominasi dalam mempromosikan dan mengembangkan pariwisata di daerahnya masing-masing," ujar Yudiriani.

Dirinya pun berharap, penghargaan ini akan makin mendorong Bantul untuk terus meningkatkan pengelolaan dan promosi objek wisatanya.

"Hasil bagi Bantul ini tentu memberi motivasi dan manfaat yang sangat besar untuk lebih baik lagi dalam mengelola, mempromosikan potensi maupun daya tarik wisata di Bantul, untuk bisa berdaya saing dan berdaya jual dengan objek dan daya tarik daerah lainnya," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS