Heboh Video Pembersihan Pesugihan di Bantul, Warga Baca Al-Fatihah

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Heboh Video Pembersihan Pesugihan di Bantul, Warga Baca Al-Fatihah
Video pembersihan pesugihan di Jalan Samas, Bantul - (Facebook/Wahyu Listianto)

Benda di dalam kendi tadi dikeluarkan dan ternyata berbentuk keris kecil.

SuaraJogja.id - Jagat maya tengah dibuat heboh sejumlah video yang disebut-disebut menampilkan detik-detik dilakukannya pembersihan pesugihan.

Salah satu yang membagikan video dan informasi tersebut adalah pengguna akun Facebook Wahyu Listianto, Rabu (27/11/2019) dini hari.

Disebutkan bahwa kejadian berlokasi di Jalan Samas, Dusun Karen, Desa Tirtomulyo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Dua dari empat video yang diunggah Wahyu Listianto menunjukkan tiga pria yang masuk ke bagian dangkal sebuah sungai.

Seorang pria yang memakai ikat kepala tampak memegang batu merah menyala. Ia seakan menahan tarikan kuat ke tengah sungai dari benda di tangannya itu.

Video pembersihan pesugihan di Jalan Samas, Bantul - (Facebook/Wahyu Listianto)
Video pembersihan pesugihan di Jalan Samas, Bantul - (Facebook/Wahyu Listianto)

Sementara satu pria berkaus biru mencoba menarik pria berikat kepala itu ke tepi, dibantu satu pria lainnya, yang membawa kain putih dan kendi kecil. Batu merah yang menyala itu kemudian dimasukkan ke dalam kendi.

Kejadian itu disaksikan pula dari jauh oleh warga yang berkerumun di atas tepi sungai. Terdengar mereka beberapa kali mengulang bacaan surat Al-Fatihah.

Di video yang lain, benda di dalam kendi tadi dikeluarkan dan ternyata berbentuk keris kecil. Benda itu kemudian didoakan oleh seorang pria yang tampak mengerahkan tenaganya untuk menahan keris kecil itu.

Setelah diamankan, kendi berisi keris kecil itu dimasukkan ke dalam mobil. Namun, berdasarkan keterangan Wahyu Listianto, mobil yang mengangkutnya tak kuat untuk melaju, sehingga perlu dibantu dorongan sejumlah warga.

"Proses penarikan lelembut (beras kuning) penyebab kecelakaan di Jalan Samas, Bantul. Mobile pembawa kendi enggak kuat," tulis Wahyu Listianto.

Video pembersihan pesugihan di Jalan Samas, Bantul - (Facebook/Eko Hadiningrat)
Video pembersihan pesugihan di Jalan Samas, Bantul - (Facebook/Eko Hadiningrat)

Informasi serupa juga dibagikan oleh pengguna akun Facebook Eko Hadiningrat, Selasa (26/11/2019) pukul 23.00 WIB.

"Malam ini dilakukan ruwatan atau pembersihan di Jalan samas, tepate di Desa Karen, selatan Puskesmas Ndawetan karena sering terjadi kecelakaan. Banyak yang melakukan pemasangan pesugihan. Buat pengendara, selalu berdoa, waspada, fokus, dan baca selawat," ungkap Eko Hadiningrat.

Jalan Samas selama ini dikenal warga sebagai lokasi yang rawan terjadi kecelakaan. Sebagian dari mereka pun percaya, kondisi itu tak lepas dari ritual mistis untuk mencari tumbal pesugihan yang dilakukan di area tersebut.

Belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak berwenang soal kejadian dalam video yang viral ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS