Begini Strategi Dispar Bantul Kurangi Kepadatan Wisatawan Nataru 2019

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora
Begini Strategi Dispar Bantul Kurangi Kepadatan Wisatawan Nataru 2019
Kebun Buah Mangunan. (Suara/Peter)

Tak hanya kawasan pantai, destinasi wisata di Mangunan dan Hutan Pinus Imogiri juga terus dibenahi agar kunjungan wisatawan ke Bantul merata di setiap destinasi yang ada.

SuaraJogja.id - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul telah menyiapkan berbagai gelaran acara di sejumlah destinasi wisata. Langkah ini untuk meratakan tingkat kunjungan wisatawan agar tak tepusat di satu titik.

Kepala Dispar Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengungkapkan, saat ini Pantai Parangtritis menjadi pilihan wisatawan untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Untuk mengurangi kepadatan di satu titik destinasi tersebut, pihaknya bakal menyiapkan sejumlah acara di lokasi wisata lain.

"Nantinya pentas wisata ini kami geser ke barat. Kami lihat juga jika di pantai selatan terlalu padat, nanti pentas pariwisata akan diarahkan ke [pantai] Gumuk Pasir atau Laguna Depok. Hal itu kami lakukan agar ada keleluasaan wisatawan saat berlibur," terang Kwintarto pada wartawan, Minggu (8/12/2019).

Tak hanya kawasan pantai, destinasi wisata di Mangunan dan Hutan Pinus Imogiri juga terus dibenahi agar kunjungan wisatawan ke Bantul merata di setiap destinasi yang ada.

"Jadi kawasan Mangunan dan Hutan Pinus juga kami benahi untuk wisatawan di akhir tahun ini. Artinya pilihan masyarakat untuk berwisata ini tak hanya satu titik dan tentunya untuk meratakan tingkat kunjungan di berbagai wahana wisata yang ada di sini," jelasnya.

Lebih lanjut Kwintarto mengungkapkan, pihaknya telah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mencapai 500 ribu wisatawan pada Nataru 2019.

"Targetnya di atas 500 ribu orang, itu selama nataru yang tersebar di berbagai objek [wisata]," kata Kwintarto.

Adapun lokasi yang diprediksi menjadi tujuan wisatawan pada Nataru 2019 antara lain Pantai Parangtritis, Pantai Gumuk Pasir, Hutan Pinus Imogiri, dan Mangunan. Kwintarto juga memprediksi bahwa wahana baru yang ada di kawasan Piyungan dan Mangunan, seperti Pintu Langit, Seribu Batu, Puncak Sosok, Gunung Wangi, serta Kebon Pring, akan meningkat.

"Saya kira wahana baru yang ada di Piyungan dan Mangunan akan mengalami peningkatan jumlah kunjungan. Selain itu destinasi yang biasa dikunjungi wisatawan juga bakal makin ramai didatangi masyarakat di akhir tahun ini," jelasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS