Dispar Bantul Targetkan 500 Ribu Kunjungan Wisatawan Selama Nataru 2019

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora
Dispar Bantul Targetkan 500 Ribu Kunjungan Wisatawan Selama Nataru 2019
Pantai Parangtritis. (Suara.com/Dinar Surya Oktarini)

Kawasan Pantai Parangritis dan Mangunan akan menjadi pilihan masyarakat untuk menghabiskan liburan akhir tahun 2019.

SuaraJogja.id - Menjelang liburan Natal dan akhir tahun baru (Nataru) 2019, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul menargetkan sebanyak 500 ribu jumlah wisatawan di berbagai destinasi di kabupaten setempat.

Kepala Dispar Bantul Kwintarto Heru Prabowo menerangkan, pihaknya bakal menyiapkan sejumlah acara di berbagai destinasi wisata untuk mencapai target tersebut.

"Targetnya diatas 500 ribu orang, itu selama nataru yang tersebar di berbagai objek [wisata]," kata Kwintarto saat dihubungi wartawan, Minggu (8/12/2019).

Ia menjelaskan, kawasan Pantai Parangritis dan Mangunan akan menjadi pilihan masyarakat untuk menghabiskan liburan akhir tahun 2019.

"Puncaknya, kawasan Parangritis pasti ramai, proyeksi destinasi yang ada di Mangunan juga akan meningkat. Karena ada beberapa destinasi baru di sana," terangnya.

Sejumlah destinasi baru yang diprediksi bakal menjadi kunjungan wisatawan antara lain Pintu Langit, Seribu Batu, Puncak Sosok, Gunung Wangi, serta Kebon Pring.

"Saya kira wahana baru yang ada di Piyungan dan Mangunan akan mengalami peningkatan jumlah kunjungan. Selain itu, destinasi yang biasa dikunjungi wisatawan juga bakal makin ramai didatangi masyarakat di akhir tahun ini," jelasnya.

Target menaikkan jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul bukan tanpa alasan. Pasalnya, pada 2018 lalu Dispar setempat mencatat ada 429.817 wisatawan. Dengan demikian, Kwintarto juga menargetkan angka Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada libur nataru mencapai Rp200 juta.

Disinggung soal sampah, yang diprediksi ikut meningkat seiring target kunjungan wisatawan yang datang, Kwintarto mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi lain. Ia juga sudah menyiapkan petugas kebersihan di lokasi wisata.

"Masalah sampah sudah bisa teratasi dari tahun ke tahun saat libur akhir tahun. Jadi sampah yang ada langsung dibersihkan setelah lokasi wisata dikunjungi masyarakat," terangnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS