Rekomendasi Turun, PAN Incar Kursi Wakil Bupati di Pilkada Bantul 2020

Galih Priatmojo
Rekomendasi Turun, PAN Incar Kursi Wakil Bupati di Pilkada Bantul 2020
Ilustrasi Pilkada Serentak. [Ayobandung.com]

DPD PAN Bantul telah mendapat surat rekomendasi DPP PAN dalam menghadapi Pilkada Bantul 2020 ini.

SuaraJogja.id - Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bantul incar posisi Wakil Bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bantul 2020 ini. Hal tersebut sudah sesuai dengan Surat Rekomendadi Dewan Pengurus Pusat (DPP) PAN yang keluar bulan Desember 2019 lalu.

Sekretaris Dewan Pengurus Daerah (DPD) PAN Bantul, Damba Aktivis mengungkapkan, DPD PAN Bantul telah mendapat surat rekomendasi DPP PAN dalam menghadapi Pilkada Bantul 2020 ini. Surat tersebut ditujukan kepada ketua DPD PAN kabupaten Bantul, Mahmud Ardi Widanto.

"Surat tersebut menugaskan mas Ardi sebagai calon wakil bupati dan diperintahkan untuk mencari pasangan koalisi,"ujarnya, Selasa (21/1/2020) melalui sambungan teleponnya.

Damba menambahkan, dalam tahapan ini pihaknya tengah melakukan komunikasi dengan tim dan berkomunikasi dengan beberapa calon bupati yang ada untuk menentukan langkah yang bakal ditempuh DPD PAN Bantul. 

"Itu yang sementara kita lakukan karena itu merupakan perintah dari DPP,"tambahnya.

Terkait dengan sikap politik yang akan ditempuh, saat ini DPD PAN Bantul belum bisa menentukan antara kubu yang kini ada di Bantul. Karena menurutnya, situasi saat ini masih cair di mana partai-partai politik saat ini juga tengah melakukan lobi-lobi politik partai lain. Demikian juga dengan calon-calon yang ada juga melakukan lobi-lobi baik dengan partai ataupun calon lain.

Menurutnya waktunya saat ini masih agak panjang. Karena pendaftaran baru dilakukan pada bulan Juli mendatang sehingga masih akan terjadi dinamika politik. Dan jika ditentukan dari sekarang menurutnya hal tersebut terlalu cepat di mana PAN masih akan menunggu perkembangan dinamika politik yang terjadi.

"Kemungkinan besar PAN baru akan melakukan komunikasi lebih lanjut pada bulan April mendatang," tambahnya.

Damba mengaku sudah berkomunikasi dengan beberapa partai diantaranya PDIP dan Partai Gerindra serta juga partai yang lain. Namun demikian, komunikasi yang dilakukan baru sebatas komunikasi dan belum menentukan siapa pasangan dari Ardi untuk maju dalam Pilkada mendatang.

Damba menandaskan untuk sementara ini masih mempertahankan Ardi sebagai wakil bupati. Namun ketika ada komunikasi dengan partai yang lain dan menilai Ardi layak sebagai calon Bupati maka pihaknya akan meminta kepada DPR untuk mengubah surat rekomendasi tersebut.

Kontributor : Julianto

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS