Underpass YIA Dibuka Besok, Kendaraan Bermotor Boleh Lewat

Galih Priatmojo
Underpass YIA Dibuka Besok, Kendaraan Bermotor Boleh Lewat
Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo - (dok Angkasa Pura)

Underpass sepanjang 1,3 km ini akan menjadi salah satu alternatif keluar masuk Yogyakarta dan Purworejo.

SuaraJogja.id - Pemda DIY akan mulai menguji coba underpass Yogyakarta International Airport atau YIA pada Jumat (24/01/2020) besok sekitar pukul 09.00 WIB. Setiap kendaraan bermotor bisa melewati terowongan terpanjang se-Indonesia tersebut.

"Underpass sepanjang 1,3 km ini akan menjadi salah satu alternatif keluar masuk Yogyakarta dan Purworejo. Jadi underpass di bawah landasan YIA ini memang sangat panjang untuk ukuran di Indonesia," ungkap Sekda DIY, Baskara Aji di Grand Inna Malioboro, Kamis (23/01/2020). 

Menurut Aji, masyarakat tidak perlu khawatir dengan keamanan underpass yang dibangun Kementerian PUPR tersebut. Termasuk saat terjadi hujan yang menggenang kawasan tersebut.

Underpass dilengkapi dengan 8 pintu keluar. Juga delapan buah pintu darurat di sisi kanan maupun kiri terowongan.

Selain itu, terowongan tersebut juga dilengkapi dengan rumah pompa. Waterstop yang terbuat dari karet untuk beton dinding dan lantainya juga disiapkan.

"Ini sudah direncanakan, termasuk untuk mitigasi bencana meski di atasnya ada aktivitas (landasan pesawat)," tandasnya.

Menurut Aji, banyak hal menarik yang bisa dinikmati pengendara yang melewati underpass yang lebarnya mencapai 7,85 meter, clearance atas 5,2 meter dan samping 18,4 meter tersebut. Ornamen penari di sepanjang terowongan yang dibangun dengan dana Rp 293 Miliar tersebut bisa jadi pemandangan menarik untuk dinikmati.

Relief tersebut sengaja dipilih agar pengendara tidak bosan selama melewati terowongan yang panjang. Sekaligus mengenal beragam tarian yang jadi budaya Indonesia.

"Kalau bandara sudah jadi, nanti pemanfaatan underpass ini akan dioptimalkan," jelasnya.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS