Kampus-Kampus Ini Bakal Tergusur Tol Yogyakarta-Solo

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Kampus-Kampus Ini Bakal Tergusur Tol Yogyakarta-Solo
Lokasi kecelakaan pada Rabu (27/11/2019) antara bus Trans Jogja dan sepeda motor di Jalan Ringroad Utara, tepatnya simpang empat UPN Veteran Yogyakarta - (SUARA/Baktora)

Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Yogyakarta-Solo Totok Wijayanto menjelaskan, di Desa Condongcatur, ada beberapa institusi yang terdampak.

SuaraJogja.id - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta diperkirakan akan menjadi lokasi terdampak pembangunan tol Yogyakarta-Solo, dengan luasan terbesar di area Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Kepala Desa Condongcatur Reno Chandra Sangaji mengungkapkan, total ada sebanyak 214 bidang dengan luas sekitar 119.324 meter persegi di Condongcatur yang terdampak proyek jalan tol.

Tidak menutup kemungkinan, jumlah bidang akan bertambah karena masih ada beberapa irisan bidang terdampak yang belum terdata dalam undangan sosialisasi, tambah dia.

"Untuk kepastian bidang yang terdampak kami masih menunggu saat pengukuran," katanya, Rabu (5/2/2020).

Di Condongcatur, proyek tol ini akan membentang sekitar 3 kilometer, yang nantinya dibangun mulai dari sisi timur dekat Polsek Depok Timur Sleman hingga Hotel Lafayette Boutique.

"Mayoritas bidang terdampak adalah tanah pribadi. Selain itu, ada bidang yang digunakan untuk ruang usaha dan jasa. Untuk kampus terdampak, antara lain Universitas Amikom, STIKES Guna Bangsa, UPN Veteran Yogyakarta, yang ada di pinggiran ringroad," ungkapnya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Yogyakarta-Solo Totok Wijayanto menjelaskan, di Condongcatur, ada beberapa institusi yang terdampak.

"Paling besar kampus UPN, tapi kenanya tidak semua, paling halamannya. Yang paling banyak ruko," kata dia.

Ditanyai perihal nominal ganti untung, diperkirakan ganti untung bagi warga terdampak di Condongcatur akan memiliki besaran cukup tinggi, mengingat Condongcatur berada di kawasan perkotaan.

"Untuk besaran, masih akan dikoordinasikan. Pasar Condongcatur sebagian kena, untuk pelebaran saja," ungkapnya.

Menyinggung desain jalan, saat ini desain masih dimatangkan oleh Kementerian PUPR, selanjutnya dikonsultasikan terlebih dahulu oleh Gubernur DIY.

"Baru setelahnya bisa disosialisasikan. Untuk Kentungan desainnya at grade, ada yang elevated [melayang], disesuaikan dengan desain Monjali," paparnya.

Tanggapan kampus

Rektor UPN Veteran Yogyakarta Irchas Effendy mengatakan, terdampaknya kompleks kampus "Bela Negara" itu bertepatan dengan tahapan penyusunan masterplan kampus, sehingga secara umum tak ada kendala berarti yang dialami oleh kampus, ketika mengetahui menjadi salah satu institusi terdampak tol.

Ia mengungkapkan, untuk bisa mengkaji lebih jauh dampak tol terhadap kampus, pihaknya berharap dapat melihat desain detail tol karena apabila sampai masuk area kampus, maka patung ikonik yang selama ini menjadi penanda universitas bisa saja tergusur.

"Terus kena gedung Menwa dan beberapa ATM dan pos satpam, kalau sampai yang terdampak sekitar 10 meter," ungkapnya, Rabu.

Sementara itu, Rektor Universitas Amikom Yogyakarta Prof Suyanto menyebut, Amikom melihat selalu ada sisi positif dari tiap kejadian, termasuk menanggapi perihal terdampaknya kampus mereka dalam proyek tol Yogyakarta--Solo. Bahkan, Suyanto melihat prospek yang bagus untuk Amikom.

"Kemungkinan malah prospeknya bagus untuk Amikom, bersyukur ya. Karena kampusnya jadi 'ngantong' kan. Kenanya cuma sedikit," ungkapnya.

Suyanto menyebut, diperkirakan jumlah luasan terdampak tol hanya berjarak 8 meter dari jalan dan dikalikan dengan lebar halaman yang dibutuhkan.

"Tulisan muka Universitas Amikom Yogyakarta malah kelihatan langsung, tadinya di dalam," terangnya.

Ia menambahkan, bukan hanya menguntungkan bagi kampus, kerelaan tergusurnya halaman Amikom juga dianggap menjadi bentuk Amikom mengutamakan kepentingan masyarakat luas, daripada kepentingan Amikom sendiri.

Kontributor : Uli Febriarni

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS