Usai Selfie, Kini Viral Main TikTok Pakai CCTV Jogja

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Usai Selfie, Kini Viral Main TikTok Pakai CCTV Jogja
Main TikTok pakai CCTV Jogja - (Twitter/@Nadia_stw)

Begitu musik mulai menghentak, delapan orang itu kompak menggoyangkan badannya ke kiri dan ke kanan.

SuaraJogja.id - Berswafoto menggunakan CCTV yang terpasang di jalan-jalan di Jogja sembari streaming lewat aplikasi Jogja Istimewa sempat menjadi bahan perbincangan di media sosial. Namun, kini tren tersebut tampaknya mulai berkembang lebih dari sekadar selfie.

Sekelompok remaja laki-laki dan perempuan tampak merekam diri mereka sendiri menggunakan CCTV milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) DIY yang terpasang di depan Malioboro Mall.

Namun bukan swafoto, mereka memanfaatkan CCTV itu untuk bermain TikTok. Tampak di video unggahan akun Twitter @Nadia_stw, Rabu (5/2/2020), ia dan kawan-kawannya bergoyang mengikuti irama lagu "Chinese New Year" dari SALEZ, yang tersedia di aplikasi TikTok.

Main TikTok pakai CCTV Jogja - (Twitter/@Nadia_stw)
Main TikTok pakai CCTV Jogja - (Twitter/@Nadia_stw)

Ia dan tujuh kawannya berdiri di tepi jalan menghadap ke CCTV sambil mengawasi jalan ke arah datangnya sepeda motor. Begitu musik mulai menghentak delapan orang itu kompak menggoyangkan badannya ke kiri dan ke kanan.

Namun, tampaknya, satu di antara mereka mulai malu berjoget di tempat umum, sehingga ia urung melanjutkannya, dan berjalan keluar dari jejeran ke arah trotoar di belakangnya.

"Maafin kita-kita yang bobrok ini hahahha, sebenernya kita cuma memanfaatkan fasilitas yang ada, CCTV contohnya hahahhaa," cuit @Nadia_stw.

Video ini mengundang perhatian warganet setelah diunggah ulang akun @merapi_news. Beberapa warganet memberikan komentar untuk aksi tersebut.

"Mesti [pasti] pakai aplikasi Jogja Istimewa," tulis @Rndftn.

Selfie pakai CCTV - (Twitter/@antokkansaja)
Selfie pakai CCTV - (Twitter/@antokkansaja)

"Sesuk lak do melumelu... [Besok pasti bakal pada ikut-ikut] haha," tambah @diqibulin.

Sebelumnya, akun Twitter @antokkansaja, Jumat (31/1/2020), telah membagikan tiga hasil swafoto menggunakan CCTV Diskominfo DIY dengan teman-temannya di tiga lokasi berbeda: depan Maliobaro Mall, Titik 0 Kilometer, dan Alun-Alun Utara.

Sejumlah warganet pun penasaran dengan cara memonitor CCTV di sejumlah titik di DIY tersebut. Sesuai dengan yang dibeberkan @antokkansaja pada warganet, melalui aplikasi Jogja Istimewa, pengguna dapat melakukan streaming sejumlah CCTV yang terpasang di berbagai ruang publik di DIY.

Aplikasi ini dapat diunduh langsung dari Play Store. Tak hanya untuk streaming CCTV, aplikasi Jogja Istimewa juga menyediakan fitur yang berkaitan dengan kuliner dan tempat penginapan di Jogja, layanan publik Jogja, ensiklopedia tentang warisan budaya DIY, e-lapor, dan masih banyak lagi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS