Viral Selfie Pakai CCTV, Begini Cara Streaming di Aplikasi Jogja Istimewa

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Viral Selfie Pakai CCTV, Begini Cara Streaming di Aplikasi Jogja Istimewa
Selfie pakai CCTV - (Twitter/@antokkansaja)

Menurut Diskominfo DIY, aplikasi Jogja Istimewa telah merangkum 97 persen Yogyakarta itu sendiri.

SuaraJogja.id - Sejak viral-nya selfie pakai CCTV Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY unggahan akun Twitter @antokkansaja, sejumlah warganet penasaran dengan cara memonitor CCTV di sejumlah titik di DIY tersebut.

Di tiga foto yang diunggah pada Jumat (31/1/2020) itu, ada tiga lokasi berbeda yang digunakan untuk selfie pakai CCTV: depan Maliobaro Mall, Titik 0 Kilometer, dan Alun-Alun Utara. Pada ketiga foto, mereka kompak berpose menghadap ke kamera.

Lantas, bagaimana bisa @antokkansaja dan kawan-kawannya menyaksikan rekaman CCTV milik pemerintah itu? Sesuai dengan yang dibeberkan @antokkansaja pada warganet, melalui aplikasi Jogja Istimewa, pengguna dapat melakukan streaming sejumlah CCTV yang terpasang di berbagai ruang publik di DIY.

Menurut Diskominfo DIY, aplikasi Jogja Istimewa telah merangkum 97 persen Yogyakarta itu sendiri. Beberapa fitur yang disediakan antara lain wisata maupun kuliner dan tempat penginapan di Jogja, layanan publik Jogja, ensiklopedia tentang warisan budaya DIY, e-lapor, TV & CCTV streaming Jogja, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mengoperasikan aplikasi Jogja Istimewa, Anda bisa langsung mengunduhnya melalui Play Store. Sementara itu, jika ingin bisa menyaksikan secara real time rekaman CCTV di berbagai titik lokasi di Jogja, ikuti langkah-langka berikut ini:

1. Buka aplikasi Jogja Istimewa

2. Tekan pilihan "lainnya" dengan ikon (+)

Aplikasi Jogja Istimewa - (screenshot)
Aplikasi Jogja Istimewa - (screenshot)

3. Pilih fitur "streaming"

4. Buka "Jogja Istimewa CCTV"

5. Pilih rekaman CCTV mana yang ingin Anda saksikan langsung.

Aplikasi Jogja Istimewa - (screenshot)
Aplikasi Jogja Istimewa - (screenshot)

Pada bagian ini, terdapat enam pilihan yang dikategorikan berdasar pihak yang mengontrol: CCTV Diskominfo DIY, CCTV TCS Pemkot Jogja, CCTV UPT Malioboro, CCTV Sungai BPBD Kota Jogja, CCTV Diskominfo Kulon Progo, dan CCTV Dishub DIY. Di masing-masing kategori itu juga masih ada banyak pilihan titik lokasi dipasangnya CCTV.

Penasaran? Sila unduh aplikasi Jogja Istimewa dan kenali lebih jauh tentang Jogja, yang istimewa.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS