Satu Mahasiswa Tenggelam di Parangtritis yang Sempat Hilang Ditemukan

Galih Priatmojo
Satu Mahasiswa Tenggelam di Parangtritis yang Sempat Hilang Ditemukan
Mahasiswa yang sempat hilang di Parangtritis akhirnya ditemukan, Senin (10/2/2020). [Julianto / Kontributor]

Operasi pencarian korban tenggelam di Parangtritis dihentikan.

SuaraJogja.id - Jeven Samuel Rendawa (20) mahasiswa asal Jln. Kuantan Raya No. 12 Skips 50, Pekanbaru yang tenggelam di Pantai Parangtritis Sabtu (8/2/2020) malam akhirnya ditemukan. Korban ditemukan oleh nelayan sekitar 1,74 km dari lokasi korban pertama tenggelam.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Yogyakarta III, Arief Nugraha menuturkan, Senin pagi sekitar pukul 06.00 WIB, saat petugas gabungan melakukan upaya pencarian, mereka mendapatkan informasi dari nelayan yang melihat ada sesosok mayat terapung sekitae 1,74 km dari Pantai Parangtritis. Setelah itu, nelayan melaporkan peristiwa tersebut ke petugas SAR.

"Kami langsung menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi," tuturnya, Senin (10/2/2020).

Mendapatkam laporan tersebut, pihaknya langsung menurunkan tim dengan perahu Jukung untuk melakukan evakuasi. Korban selanjutnya dibawa ke daratan untuk untuk kemudian dilakukan pemeriksaan ataupun otopsi luar dengan disaksikan pihak keluarga, ternyata benar-benar korban sehingga jenazah langsung diserahkan ke pihak keluarga untuk dibawa ke kampung halaman.

Humas Basarnas DIY, Pipit Eryanto menuturkan, Senin pagi rencananya tim gabungan akan melanjutkan proses pencarian terhadap korban. 5 tim diterjunkan dalam pencarian ini dengan tugas yang berbeda-beda. Tim 1 melakukan penyisiran dengan berjalan kaki ke arah timur dari titik korban diduga korban tenggelam sampai ke pantai parang endog sekitar ± 3 km.

Tim 2 melakukan penyisiran dengan menggunakan 1 unit amphibius dan 1 unit beach patrol dari lokasi korban tenggelam ke arah barat sampai muara pantai samas dengan jarak ± 5 km. Melakukan pemantauan di area sekitar posisi korban tenggelam. Sementara tim 4 melakukan pencarian menggunakan jukung.

"Tim kelima akan melakukan pemantauan dengan menggunakan drone,"ujarnya.

Namun karena korban sudah ditemukan maka rencana operasi dihentikan. Pihaknya secara keseluruhan juga menghentikan operasi pencarian terhadap mahasiswa yang tenggelam di pantai Parangtritis.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada hari Sabtu, 8 Februari 2020,  Rombongan pengunjung wisata pantai parangtritis, berjumlah  8 orang tiba di pantai parangtritis dengan menggunakan sepeda motor. Usai berbincang-bincang di area pantai tidak selang waktu lama tujuh dari delapan org berinisiatif bermain air di pantai.

Tidak menyadari mereka bermain air di area palung laut dan terseret arus ke tengah. 6 orang dapat terselamatkan, 1 orang ditemukan meninggal dunia serta 1 orang masih dalam pencarian hingga akhirnya diketemukan Senin pagi.

Kontributor : Julianto

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS