Catat! Tahun Ini Pemkot Yogyakarta Siapkan Kali Gajah Wong Jadi Ecotourism

M Nurhadi
Catat! Tahun Ini Pemkot Yogyakarta Siapkan Kali Gajah Wong Jadi Ecotourism
(Instagram/@kaligajahwongku)

Kita akan kembangkan (Kali Gajah Wong) untuk menjadi sebuah kawasan strategis untuk pengembangan kawasan selatan menjadi kawasan wisata Giwangan Ecoturism, ujar Heroe.

SuaraJogja.id - Gubernur DIY Sri Sultan HB X menerima kunjungan Walikota Yogyakarta, Kamis (27/2/2020) di Gedhong Gadri, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Kunjungan ini bertujuan untuk memaparkan pengembangan wisata Kali Gajah Wong yang prosesnya sudah dimulai pada tahun ini.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, menuturkan, Pemkot Yogyakarta sedang mengupayakan pemberdayaan wisata di kawasan Kali Gajah Wong.

Menurut Heroe, kawasan Kali Gajah Wong dinilai mampu menjadi kawasan pariwasata strategis. Nantinya di lokasi tersebut akan dibangun ekowisata, yaitu Giwangan Ecotourism.

“Kita akan kembangkan (Kali Gajah Wong) untuk menjadi sebuah kawasan strategis untuk pengembangan kawasan selatan menjadi kawasan wisata Giwangan Ecoturism,” ujar Heroe melansir dari Humas Pemda DIY.

Di wisata Kali Gajah Wong rencananya juga akan dibangun berbagai wahana didalamnya, seperti flying fox, sepeda air, dan wahana susur sungai menggunakan perahu.

Guna mendukung langkah ini, Pemkot Yogyakarta juga akan menyiapkan lahan parkir yang dibuat khusus untuk pengunjung tempat wisata Kali Gajah Wong.

Selain itu, untuk mendukung ekonomi warga, mereka juga akan mengembangkan kuliner dan kampung wisata sekitar seperti kampung sayur dan kampung buah.

Heroe juga mengungkapkan, Sri Sultan meminta semua kelompok dapat bersinergi dalam pengelolaan lokasi wisata ini. Hal tersebut bertujuan agar pengelolaan dapat dilakukan secara maksimal.

Dikabarkan Humas Pemda DIY, Gubernur DIY berharap, rencana Pemkot Yogyakarta ini dapat direalisasikan tepat waktu.

Dengan pengembangan lokasi wisata ini, diharapkan mampu meningkatkan daya tarik wisata DIY dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Kita diminta (Sri Sultan) untuk secepatnya membuat tahapan dimulainya kapan dan tahapan dalam pengelolaan. Tahun ini harus sudah selesai,” ungkap Heroe. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS