5 Pesan dr. Tirta Tentang Wabah Corona yang Bisa Kamu Lakukan

M Nurhadi
5 Pesan dr. Tirta Tentang Wabah Corona yang Bisa Kamu Lakukan
dr Tirta di podcast Deddy Corbuzier (Screenshot YouTube Deddy Corbuzier)

dr. Tirta mengajak masyarakat Indonesia agar melawan corona secara bersama-sama.

SuaraJogja.id - Belakangan nama dr tirta kerap bersliweran di berbagai media massa, bahkan media sosial juga. Influencer sekaligus lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), Tirta Mandira Hudhi atau yang lebih akrab dipanggil dr. Tirta tersebut, paling baru viral usai ngegas soal kebijakan di rumah aja.

Belum lama ini dr. Tirta, dengan gaya khasnya menyoroti jumlah Alat Pelindung Diri (APD) yang tersedia bagi dokter, perawat dan tenaga medis di Indonesia.

Ia bahkan mengibaratkan tenaga medis di Indonesia saat ini bagai player dalam game PUBG sedang berperang menggunakan panci, sedangkan lawannya, virus corona sudah menggunakan senapan AWP.

Dalam bincang di acara Indonesia Lawyers Club beberapa waktu lalu, dr. Tirta juga menyampaikan bahwa cuci tangan sangat direkomendasikan untuk membunuh virus corona. Bahkan, dengan cuci tangan selama minimal 20 detik bisa membunuh bakteri dan virus hingga 90%.

dr. Tirta memang terkenal sebagai dokter yang nyentrik, dengan gayanya khas. Meskipun ngegas, yang disampaikan dr. TIrta adalah benar. Berikut 5 pesan dari dr. Tirta yang bisa kamu jadikan catatan harianmu,

1. Jangan Ngasal Bikin Hand Sanitizer 

dr. Tirta dalam acara Indonesia Lawyers Club beberapa waktu lalu, dr. Tirta juga menyampaikan, yang paling  ampuh untuk membunuh virus corona adalah cuci tangan. 

Hand sanitizer memang sangat dibutuhkan saat ini, namun bukan berarti kamu bisa asal membuatnya tanpa resep dan komposisi yang pas. Bukannya bikin bersih dari virus tapi malah kulitmu makin ambyar.

2. Gak Perlu Lebay

Seperti yang ditulis di atas, cuci tangan adalah salah satu cara paling baik untuk mengatasi virus corona. Caranya cukup cuci tangan pakai sabun. Cukup sabun, sabun harga 2 ribuan sudah cukup untuk mengantisipasi tersebarnya virus corona. 

Kamu gak perlu lebay beli macam-macam sabun yang mahal untuk menangkal corona, apalagi sampai menimbun.

3. Pulang Kerja Bersihkan Diri

Saat kamu dari luar rumah, entah dari pasar, bekerja atau sekedar jalan-jalan, biasakan untuk membersihkan diri terlebih dahulu sebelum kamu rebahan atau berinteraksi dengan keluarga. Minimal cuci tangan, atau dianjurkan untuk mandi.

4. Jangan Bergantung Pada Orang Lain

Masih banyak orang Indonesia saat ini, ketika Indonesia dilanda wabah corona, mereka menyalahkan pemerintah karena dinilai lamban mengatasinya.

dr. Tirta di banyak kesempatan mengajak masyarakat untuk tidak saling menyalahkan, namun mulai dari diri sendiri untuk bergerak bersama membantu pemerintah melawan corona. Karena tidak mungkin Indonesia terbebas dari corona kalau yang berusaha hanya dari pemerintah.

5. Tidak Lupakan Jasa Orang yang pernah Menolongmu

Dalam banyak kesempatan, dr. Tirta seringkali menyampaikan pesan hormatnya kepada dosen atau guru yang pernah membimbingnya.

Di salah satu kesempatan misalnya, saat gurubesar FK UGM, Iwan Dwiprahasto meninggal dunia. dr. Tirta menyampaikan belasungkawanya, tapi yang perlu dijadikan pelajaran adalah dr. Tirta tidak pernah lupa, bahwa beliau adalah orang pertama yang memberi semangat padanya dan salah satu orang yang membuatnya lulus kuliah. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS