Diprotes "Kabur" ke Jogja Saat Pandemi Corona, Zaskia Mecca Beri Penjelasan

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Diprotes "Kabur" ke Jogja Saat Pandemi Corona, Zaskia Mecca Beri Penjelasan
Zaskia Adya Mecca nyetir 8 jam Jakarta-Jogja - (Instagram/@zaskiadyamecca)

Pengusaha busana muslim Meccanism ini juga mengungkapkan, ia memilih Jogja sebagai tempat mengisolasi diri bukan karena alasan kabur dari Jakarta.

SuaraJogja.id - Zaskia Adya Mecca mengaku sempat diprotes banyak orang ketika ia memutuskan untuk bertolak dari Jakarta menuju Jogja di tengah merebaknya pandemi corona. Ia pun memberikan penjelasan soal keputusannya itu melalui video di kanal YouTube The Bramantyos.

"Jujur banyak banget yang protes, kenapa aku malah mem-posting foto kemarin kegiatan pulang ke Jogja dari Jakarta ketika Jakarta menuju lockdown," kata istri sutradara Hanung Bramantyo itu dalam video "KABUR KE JOGJA?? | BHRE KATA POTTY TRAINING", yang diunggah pada Minggu (29/3/2020).

Zaskia mengatakan, sebelum menentukan keputusan untuk pulang ke Jogja bersama empat anak dan tiga pengasuh, ada banyak pertimbangan yang telah ia pikirkan. Di antaranya, lockdown akan berlangsung lebih dari dua minggu; ia bersama anak-anak dan pengasuh bisa menuju Jogja dengan mobil pribadi, yang dikemudikan Zaskia sendiri selama delapan jam perjalanan; dan kebetulan rumahnya di Jogja kosong.

"Di rumah Jogja cuma ada Mas Hanung, jadi, naudzubillah min dzalik, kalaupun memang kita as a carrier, kita tahu yang kita temui hanya Mas Hanung doang, jadi di Jogja pun kita enggak ada mbak, kita enggak main ke rumah Uti. Aku enggak ketemu dan enggak main dengan adik-adik ipar. Keponakan pun enggak kita temui karena kita tahu banget, kita belum tahu, kita ini dalam kondisi sehat atau enggak," jelasnya.

Selain itu, meski melakukan isolasi diri di Jogja, Zaskia tampaknya menyadari betul pentingnya social distancing, sehingga begitu sampai di tujuan, ia mengaku sama sekali tak menemui tetangganya, bahkan ke luar rumah sekalipun.

Pengusaha busana muslim Meccanism ini juga mengungkapkan, ia memilih Jogja sebagai tempat mengisolasi diri bukan karena alasan kabur dari Jakarta, melainkan rumahnya di Jogja jarang dipakai, dan saat ini kesempatan untuk menghuninya dalam waktu yang lama.

"Di sini halamannya lebih luas, anak-anak lebih bisa main dengan asyik, bisa berjemur karena kalau di Jakarta kita enggak punya halaman yang luas, jadi buat berjemur itu agak repot banget," tambahnya.

Ia pun meminta followers-nya di Instagram untuk tidak pulang kampung jika rumah yang dituju ditinggali orang lain, seperti mertua, orang tua, atau keluarga lainnya. Sebab, bisa saja orang yang sehat sebenanrya membawa virus corona, tetapi tak menunjukkan gejala, dan tetap bisa menularkannya ke orang lain.

"Tapi kalau memang punya rumah yang benar-benar kosong, terus mau berpindah naik mobil kayak aku kemarin, tidak merugikan orang lain, tidak akan ketemu siapa pun, ya mungkin enggak apa-apa, tapi waktu awal ya," terang Zaskia.

"Semua orang pasti lebih tahu apa yang sedang dia lakukan. InsyaAllah penontonku, followers-ku, semuanya bijaksana," imbuh dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS