Sayur Lodeh Penolak Bala Jadi Sorotan Media Asing, Bagaimana Asal-usulnya?

Berikut makna dari ketujuh bahan komposisi sayur lodeh.

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Rabu, 13 Mei 2020 | 17:20 WIB
Sayur Lodeh Penolak Bala Jadi Sorotan Media Asing, Bagaimana Asal-usulnya?
Segarnya Kuah Sayur Lodeh.(Shutterstock)

SuaraJogja.id - Ketenaran sayur lodeh tujuh warna dari Jogja rupanya tak hanya sampai ke telinga para penduduk Indonesia. Di masa pandemi corona saat ini, olahan sayur yang terdiri dari tujuh bahan utama serta bumbu santan pedas ini turut mencuri perhatian media asing BBC.com.

Dilansir Scott Anthony dari BBC.com, legenda menyebutkan bahwa ketika Jogja dilanda wabah, Sultan memerintahkan warganya untuk memasak sayur lodeh dan tinggal di rumah saja selama 49 hari. Setelah itu, wabah pun berakhir. Tradisi ini lantas masih dipercaya sebagian warga Jogja sampai saat ini.

Menurut ahli gizi yang telah mempelajari sayur lodeh, terlepas dari kepercayaan warga Jogja, hidangan ini memiliki manfaat tambahan kesehatan. Misalnya dari lengkuas, salah satu rempah yang memperkaya rasa dan aroma sayur lodeh ini dianggap memiliki kualitas anti-inflamasi. Para pakar menduga bahwa makanan semacam sayur lodeh cocok untuk masa karantina karena terbuat dari bahan yang mudah didapat.

Namun, yang paling penting dari perintah Sultan untuk memasak sayur lodeh adalah solidaritas sosialnya. Ketika seluruh warga Jogja membuat masakan yang sama, tercipta rasa kebersamaan yang kuat.

Baca Juga:Inter Milan Favorit Dapatkan The New Andrea Pirlo

"Seperti banyak aspek dalam kepercayaan orang Jawa, tujuannya adalah untuk menghindari kemalangan," kata Revianto Budi Santoso, seorang arsitek dan guru yang mempelajari warisan budaya Jawa. "Menghindari hal-hal buruk menjadi prioritas dibandingkan mencapai sesuatu secara individual. Orang Jawa berpikir bahwa ketika tidak ada musibah, kehidupanlah yang menjaga dirinya sendiri."

Di Jawa sendiri, memang sangat banyak makanan yang menjadi simbol akan suatu kepercayaan dan mengandung filosofi. Misalnya, nasi tumpeng, yang disajikan dengan campuran daging dan sayuran yang mengelilingi nasi kuning berbentuk kerucut, mencerminkan tatanan dunia di bawah kuasa Tuhan. Nasi kuning dianggap membawa berkah bagi rumah dan bisnis baru.

BBC.com menyebutkan, sayur lodeh memperluas simbolisme ini secara linguistik dan numerologis. Masing-masing dari tujuh bahan utama yang ditambahkan ke kuah santan memiliki makna simbolis yang diambil dari masing-masing suku katanya.

Sebelumnya telah diberitakan SuaraJogja.id, berikut makna dari ketujuh bahan komposisi sayur lodeh:

  1. Kluwih: kluwargo luwihono anggone gulowentah gatekne (Keluarga harus lebih diurusi dan diperhatikan)
  2. Cang gleyor: cancangen awakmu ojo lungo-lungo (Ikatlah dirimu jangan pergi-pergi)
  3. Terong: terusno anggone olehe manembah Gusti ojo datnyeng (Lanjutkan beribadah kepada Yang Maha Kuasa)
  4. Kulit melinjo: ojo mung ngerti njobone, ning kudu ngerti njerone babakan pagebluk (Jangan hanya lihat dari luar, tetapi harus mengetahui yang ada di dalam terkait bencana)
  5. Waluh: uwalono ilangono ngeluh gersulo (Hilangkanlah sifat mengeluh)
  6. Godong so: golong gilig donga kumpul wong sholeh sugeh kaweruh (Berkumpulah dengan orang-orang yang saleh dan orang pintar)
  7. Tempe: temenono olehe dedepe nyuwun pitulungane Gusti Allah (Yakinlah dalam memohon pertolongan Sang Pencipta)

Ritual memasak sayur lodeh sendiri adalah sebuah contoh slametan, sejenis ritual yang oleh antropolog Clifford Geertz diidentifikasikan sebagai ciri utama budaya Jawa. Salah satu ciri khas slametan adalah didasari kepercayaan bahwa segala yang terjadi di dunia sudah ditakdirkan dan tak terhindarkan, sehingga pembuatan sayur lodeh dilakukan tanpa harapan macam-macam.

Baca Juga:Resmi Melucur di Beijing, Harga Poco F2 Pro Mulai Rp 8 Juta

"Sangat menarik bahwa sayur lodeh bukan hal yang individual," kata Revianto. "Ini merupakan respons terhadap musibah yang sepertinya akan menimpa semua orang. Ini adalah upaya untuk mengurangi, atau menghindari, sesuatu yang mungkin tak terhindarkan."

Bagi masyarakat di luar Jogja, salah satu hal yang menarik tentang keajaiban sayur lodeh adalah betapa sebenarnya masakan ini tidak ajaib. Bahan-bahannya kemungkinan sudah biasa menjadi persedian warga desa di Jawa, dan cara memasaknya pun sederhana. Di masa lalu, memasak sayur lodeh baru akan dilakukan setelah dua pusaka kerajaan -- tombak dan bendera suci, yang konon terbuat dari bahan yang diambil dari makam Nabi Muhammad -- diarak di jalan-jalan. Berbeda dengan saat ini, sayur lodeh lebih dianggap seperti makanan biasa.

Namun, meskipun mudah dibuat, sayur lodeh memiliki asal-usul yang kompleks. Sejumlah pakar percaya bahwa tradisi ini berkaitan dengan kejadian di masa kejayaan peradaban Jawa Tengah pada abad ke-10, di mana lodeh memungkinkan penduduk untuk berlindung dengan aman selama terjadi letusan besar-besaran dari Gunung Merapi pada tahun 1006. Menurut sejarawan makanan Fadly Rahman, sayur lodeh sudah ada sejak abad ke-16 setelah Spanyol dan Portugis memperkenalkan kacang panjang ke Pulau Jawa. Pakar lainnya berpendapat bahwa memasak sayur lodeh adalah "tradisi kuno" yang diciptakan di antara ke-19 hingga pergantian abad ke-20. Mereka meyakini, saat itu para tokoh intelektual Jogja berada di jantung Kebangkitan Nasional Indonesia, sebuah periode ketika banyak mitos nasional ditemukan dengan berbagai cara, dirayakan, dan diciptakan.

Kemungkinan lainnya menyebutkan, legenda sayur lodeh diperkuat di awal abad ke-20. Contoh paling terkenal datang dari tahun 1931, yakni di masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) VIII. Saat itu Jawa diserang gelombang wabah pes berturut-turut selama lebih dari dua dekade. Namun catatan lainnya juga menunjukkan bahwa sayur lodeh dimasak untuk merespons krisis pada tahun 1876, 1892, 1946, 1948, dan 1951. Seiring berjalannya waktu, sayur lodeh menjadi populer di seluruh Kepulauan Melayu, membuatnya makin sulit untuk dicari tahu mengapa, kapan, dan bagaimana masakan ini berevolusi.

Di sisi lain, sejarawan makanan Khir Johari percaya bahwa pertanyaan seperti itu tidak relevan.

"Ketika kita menilik sejarah makanan, godaannya adalah mencoba untuk menggabungkan titik-titik yang ada, sehingga Anda berakhir pada kisah monosentris," katanya. "Tetapi mungkin memang ada banyak titik awal mula penciptaannya."

"Masyarakat Peranakan China di Singapura menyajikan sayur lodeh sebagai semacam sup sayuran kuning yang Anda makan dengan lontong," ujar Khir. "Sementara orang Singapura Jawa membuat lodeh putih tanpa kunyit."

Johari beranggapan, transformasi sayur lodeh yang menyebar melalui tambalan budaya yang membentuk Kepulauan Melayu menggambarkan adanya interaksi antara makanan, kebiasaan sosial, dan lingkungan. Dengan lahan pertanian yang subur, penduduk desa di Jogja dapat dengan mudah memasok sayuran saat menghadapi wabah dan letusan gunung berapi. Selain itu, wilayah ini juga didominasi oleh simpul maritim utama, sehingga ketika ada kebijakan karantina, wisatawan yang baru tiba terpaksa harus diisolasi. Dari kondisi ini, kemungkinan sayur lodeh dipopulerkan oleh pelaut Jawa ke orang luar Jogja karena sup, sup kental, dan kari seperti sayur lodeh menjadi sangat praktis untuk dimasak ketika terjebak di kapal.

Hidangan ini pun terus berkembang. Di luar Jogja, sayur lodeh mungkin telah kehilangan arti sebenarnya, tetapi masih diakui sebagai masakan yang entah bagaimana, lebih dari sekadar makanan. "Lodeh adalah makanan sederhana," kata Nova Dewi Setiabudi, pengelola kafe Suwe Ora Jamu di M Bloc Jakarta. "Tetapi ada filosofi besar -- kebijaksanaan -- di baliknya. Kuncinya adalah bahan-bahan segar."

Selama 20 tahun terakhir, dilaporkan BBC.com, Jogja telah sangat berubah, ada banyak pembangunan hotel, mal, dan bandara baru. Namun, kebutuhan akan ritual yang dirasa menenteramkan hati tetap tidak berubah. Bahkan, beberapa warga Jogja tetap memasak sayur lodeh setelah tersebar pesan berantai yang mencatut Sri Sultan HB X tentang perintah memasak sayur lodeh di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Padahal, pihak Keraton telah menyatakan pesan tersebut hoaks.

BBC.com menyebut Jogja sebagai sebuah anomali di Indonesia, sebuah kerajaan otonom di dalam sebuah republik. Sultan saat ini lebih suka untuk dipandang sebagai tokoh modern dan tampaknya ingin menjauhkan diri dari takhayul yang melekat pada sayur lodeh. Sikap diamnya untuk mengakui tradisi mungkin berkaitan dengan risiko politik. Walaupun kasus Cobid-19 yang dikonfirmasi di Jogja terbilang rendah, tidak elok jika Sultan menyarankan pembuatan sayur lodeh sebagai respons terhadap krisis saat ini.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak