Salat Id di Rumah, Hanung Bramantyo Belajar Ikhlas dari Pandemi Corona

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Salat Id di Rumah, Hanung Bramantyo Belajar Ikhlas dari Pandemi Corona
Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca merayakan Idulfitri 2020/1441 H di Jogja. - (Instagram/@zaskiadyamecca)

Hanung Bramantyo menghuni rumahnya di Jogja selama pandemi corona.

SuaraJogja.id - Tak jauh berbeda dari kebanyakan masyarakat Jogja, sutradara Hanung Bramantyo juga menunaikan salat Id di Hari Raya Idulfitri 2020/1441 H, Minggu (24/5/2020), di rumah. Sejak pemerintah menetapkan kebijakan untuk membatasi kegiatan di luar rumah pada Maret lalu, Hanung diketahui mengisi hari-harinya di kampung halaman, Jogja, bersama Zaskia Adya Mecca sang istri dan empat buah cintanya dengan Zaskia.

Setelah menjalani ibadah puasa selama 30 hari, kini Hanung dan keuarga pun merayakan Lebaran. Namun, ada yang berbeda pada Lebaran kali ini dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Hanung sendiri tak menyangka akan mengalaminya. Ia melakukan salat Id di rumahnya di Jogja bersama keluarga, pengasuh anak-anaknya, penjaga rumah, serta sang ibunda, yang diketahui juga berdomisili di Jogja.

Tampak pada foto unggahannya di media sosial, sutradara sekaligus produser film itu tengah salat di teras rumahnya. Walaupun tak banyak, tetapi jemaah tetap khusyuk menjalani ibadah salat di hari kemenangan ini.

"Tidak pernah membayangkan bisa sholat ied di rumah bersama bia @zaskiadyamecca, anak2 @kalamadali @kana.sybilla @bhaikaba @bhrekata juga ibunda @mulyati.salim.ms, adik-adikku semua beserta para mba dan penjaga rumah," tulis @hanungbramantyo di Instagram, Minggu.

Ia pun menilai, momen Lebaran kali ini, meski harus dirayakan di tengah kondisi sulit, terasa istimewa. Terlebih, lanjut Hanung, salat Id-nya bersama keluarga dipimpin juru masak di rumah sang ibunda.

"Sungguh moment yang sangat spesial dan langka. Apalagi sang imam adalah mas Joni, juru masak di rumah ibu, yang sengaja kami percaya untuk memimpin sholat ied karena bacaan Qur’an nya paling baik diantara kami," terangnya.

Hanung Bramantyo dan keluarga salat Id di rumah Jogja, Minggu (24/5/2020). - (Instagram/@hanungbramantyo)
Hanung Bramantyo dan keluarga salat Id di rumah Jogja, Minggu (24/5/2020). - (Instagram/@hanungbramantyo)

Tak hanya itu, bagi Hanung, Idulfitri 2020 terasa makin spesial karena rekannya yang berbeda keyakinan turut andil mengabadikan momen salat Id keluarga Hanung. Dirinya pun mengaku belajar banyak kebaikan di balik pandemi corona.

"Moment ini makin spesial karena di fotokan oleh mas @adi_bromo yang beragama Hindu. Pendemi ini mengajarkan banyak hal kepada saya, belajar ikhlas, menerima, sabar, pasrah juga toleran dalam menghadapi banyak hal," ungkap Hanung.

Di akhir caption, dirinya mengucapkan, "Taqoballahumina wa minkum, Minal Aidzin wal Faidzin, maaf lahir batin buat teman-teman semua."

Sejumlah warganet pun tersentuh membaca pesan yang disampaikan Hanung di Instagram. Mereka juga mengucapkan selamat Idulfitri untuk keluarga Hanung.

"Sampe merinding bcanya mas," komentar @unyun211.

"Mellow bacanya. Ngaturaken sedoyo kelepatan lan selamat lebaran damel abi hanung lan bia dan sekeluarga," ungkap @isnur_azizi.

"Makin suka dengan keluarga ini..." tambah @fadly_afandy.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS