Kunjungi DIY Tinjau Kesiapan New Normal, Menhub Apresiasi Bandara YIA

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana
Kunjungi DIY Tinjau Kesiapan New Normal, Menhub Apresiasi Bandara YIA
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mencoba layanan Virtual Customer Service di Bandara YIA Kulon Progo, Jumat (26/6/2020). - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

"Kemenhub juga sudah menyiapkan jalur kereta api yang nanti bisa langsung turun di Bandara YIA untuk makin memudahkan penumpang pesawat," ucapnya.

SuaraJogja.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke luar daerah untuk kali pertama setelah sempat dirawat karena terserang Covid-19. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau kesiapan new normal di DIY dan Jawa Tengah pada Jumat (26/6/2020).

Dalam kunjungannya tersebut, Budi Karya berangkat dari Halim Perdanakusuma Jakarta menggunakan pesawat Hawker 900 XP-BBKFP dan mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, DIY. Dalam kunjungan ini, Budi Karya didampingi oleh GM Bandara Angkasa Pura I Faik Fahmi, Dirjen Perhubungan Udara, serta Dirjen Perkeretapian.

"Kunjungan ini bertujuan untuk dua hal, pertama untuk meninjau kesiapan dearah-daerah terkait new normal dan terkait pengelolaannya juga," ujar Budi Karya saat ditemui awak media di Bandara YIA.

Dalam kunjungan ini Budi Karya mengapresiasi Angkasa Pura I dan Dirjen Perhubungan Udara dalam beberapa terakhir khususnya dalam persiapan penerapan new normal. Namun Menhub juga meminta Angkasa Pura I untuk lebih intensif dalam berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di DIY.

Menurutnya, koordinasi itu diperlukan, mengingat Gugus Tugas tingkat provinsi mengerti benar kondisi di daerah tersebut. Nantinya, itu akan berdampak pada pengambilan keputusan yang menyangkut penerapan new normal di wilayah tersebut.

Budi Karya juga tidak lupa mengapresiasi fasilitas yang sudah ada di Bandara YIA. Selain dari sarana prasarana yang sudah terbilang lengkap, protokol kesehatan pun diterapkan dengan baik.

"Kita bisa mengharapkan YIA ini sebagai insfratruktur penghubung wilayah lain menuju ke Jogja, khususnya ke destinasi-destinasi wisata yang ada di wilayah Jogja dan Jawa Tengah, seperti Borobudur dan yang lainnya," imbuhnya.

Akses transportasi ke Bandara YIA juga sudah beroperasi dengan lancar. Moda transportasi mulai dari bus, shuttle bus, hingga kereta api juga sudah tersedia dan siap melayani penumpang.

"Kemenhub juga sudah menyiapkan jalur kereta api yang nanti bisa langsung turun di Bandara YIA untuk makin memudahkan penumpang pesawat," ucapnya.

Dengan kemajuan yang ada di Bandara YIA tersebut, Budi Karya berharap, kawasan sekitar bandara baru ini bisa terdongkrak perekonomiannnya dari segi pariwisata. Bahkan Budi Karya juga cukup optimis dengan kehadiran baru Bandara YIA ini untuk dapat mewujudkan Borobudur dan Yogyakarta sebagai lima destinasi Bali Baru.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS