ODGJ yang Rawat 5 Anak Kucing Viral, Dinsos Sleman Merespons

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
ODGJ yang Rawat 5 Anak Kucing Viral, Dinsos Sleman Merespons
Cuitan viral wanita di Jogja beri makan ODGJ dan 5 anak kucing - (Twitter/@LuLuMustt)

Dalam mengevakuasi pemuda 24 tahun itu, dibutuhkan SDM rehabilitasi yang bisa membujuknya.

SuaraJogja.id - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sleman menindaklanjuti laporan tentang penemuan Orang dalam Ganggung Jiwa (ODGJ) yang sempat viral di Twitter. Melalui akun resmi Twitter @kabarsleman, Pemkab Sleman mengabarkan bahwa Dinsos Sleman sempat menghampiri lokasi ODGJ tersebut tinggal pada Minggu (28/6/2020).

Namun, tampaknya upaya mengevakuasi ODGJ pada Minggu itu tak berhasil, sehingga pihaknya berencana untuk kembali ke lokasi pada Senin (29/6/2020) ini. Menurut keterangan Pemkab Sleman, dalam mengevakuasi pemuda 24 tahun itu, dibutuhkan SDM rehabilitasi yang bisa membujuknya.

"Terkait info ODGJ dari @LuLuMustt, Dinsos #Sleman telah menindaklanjuti ke lokasi pada Minggu 28/06/2020. ODGJ usia sekitar 24th. Butuh dukungan SDM rehabilitasi yang bisa merayu ODGJ tersebut, tenaga kesehatan, trantib kecamatan, polsek. Rencananya hari ini Dinsos akan kembali ke lokasi," cuit @kabarsleman, Senin.

Pihaknya juga meminta warganet untuk langsung menghubungi Kepala Seksi Rehabilitasi Tuna Sosial Dinsos Sleman Gunadi jika memiliki informasi terkait ODGJ tersebut.

"Jika #Slemanis ada yang memiliki informasi tentang ODGJ tersebut, mohon dapat langsung menghubungi Kepala Seksi Rehabilitasi Tuna Sosial Dinsos Sleman Bapak Gunadi: 0895392624183, atau Staf Seksi Rehabilitasi Tuna Sosial Ibu Puji: 082359120949 Maturnuwun #LaporSleman," tutupnya.

Diberitakan SuaraJogja.id sebelumnya, Lulu Mustaghfiroh, seorang wanita yang tinggal di Jogja, membagikan utas tentang berbagai bersama Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Ribuan akun telah me-retweet dan menyukai cerita Lulu, yang sudah dua minggu kerap mengunjungi dan memberi makan ODGJ itu, hingga utasnya viral sejak diunggah pada Jumat (26/6/2020).

Lulu menceritakan, sebelumnya ia sering melihat pemuda tersebut di pinggir jalan Ring Road Utara, sekitar Polsek Depok dan Perumahan Casa Grande. Kondisinya yang memilukan kemudian mengalihkan perhatian Lulu.

Dinsos Sleman respons utas ODGJ viral - (Twitter/@kabarsleman)
Dinsos Sleman respons utas ODGJ viral - (Twitter/@kabarsleman)

Simak utas selengkapnya DI SINI.

Suatu hari, sekitar tiga minggu sebelum membagikan kisahnya, Lulu pun memutuskan untuk memberinya makan. Saat itu Lulu melihat ODGJ tersebut masuk ke jalan tikus. Lulu lantas menambah kecepatan laju sepeda motornya untuk kemudian memutar balik dan menyusul ODGJ tadi.

"Saya ngebut buat putar balik. Pas sampai jalan tikus masnya sudah hilang. Saya bolak-balik lewat jalan situ enggak ketemu," ungkap Lulu pada SuaraJogja.id melalui pesan singkat, Sabtu (27/6/2020).

Sesampainya di lokasi, dibantu karyawan di sekitar Casa Grande, Lulu tak menyangka ternyata di semak-semak bambu, pemuda yang memiliki keterbatasan mental tersebut tinggal dengan anak-anak kucing. Sebagai pencinta kucing, Lulu makin tak tega melihatnya.

"Yang bikin saya terharu, waktu pertama kali nemuin tempat tinggalnya, ternyata tinggal bareng kitten yang kecil-kecil banget. Saya emang pencinta kucing, sempat rescue lima kucing, jadi kalau lihat kayak gitu sedih," terang Lulu. "Mana kitten-nya enggak punya kesempatan hidup layak. Beruntung diadopsi masnya, kalau punya makanan dimakan bareng kitten-nya itu."

Sejak saat itu, hampir setiap hari Lulu mengunjungi ODGJ di semak bambu itu untuk memberinya makan, juga untuk anak-anak kucingnya. Walaupun tak pernah mengobrol dengan ODGJ itu, Lulu tetap berusaha memberinya makan sesering mungkin. Ia mengungkapkan, selama ini setiap diajak bicara, ODGJ tersebut hanya bisa menjawab dengan melafalkan satu huruf -- "E".

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS