Kembali Aktifkan Kunjungan Kerja, DPRD Bantul Berangkat ke Cilacap

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Mutiara Rizka Maulina
Kembali Aktifkan Kunjungan Kerja, DPRD Bantul Berangkat ke Cilacap
Anggota DPRD Bantul bersiap melaksanakan kunjungan kerja ke Cilacap menggunakan bus, Senin (6/7/2020). - (SuaraJogja.id/Mutiara Rizka)

Cilacap menjadi wilayah pertama kunker DPRD Bantul sejak pandemi corona.

SuaraJogja.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bantul kembali melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke luar daerah. Aktivitas ini kali pertama dilakukan setelah empat bulan anggota dewan tidak melaksanakan kunker. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan pemberdayaan kepada masyarakat.

Ketua DPRD Bantul Hanung Rahardjo membenarkan adanya kegiatan kunker yang diikuti oleh anggota dari empat komisi. Hanung menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (6/7/2020) ini sudah mendapatkan izin dari sekretaris daerah Kabupaten Bantul.

"Kita juga menentukan, kunjungan itu sebisa mungkin ada pemberdayaan untuk Bantul, dalam hal ini kita tekankan dengan transportasi darat," ujarnya, ditemui di ruang kerja.

Hanung menjelaskan, kunker ke luar kota menggunakan angkutan darat ini bertujuan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat Bantul. Armada beserta kru yang bertugas berasal dari Bantul. Kunker juga dilakukan ke daerah dengan zona hijau yang sudah menerima tamu dari luar daerah.

Politikus PDIP tersebut juga menuturkan bahwa sebelum pandemi, kunjungan kerja memiliki urgensi sebagai salah satu kegiatan yang perlu dilaksanakan. Tidak hanya berkunjung ke daerah lain, kegiatan ini juga mewajibkan agar komparasi yang dilakukan sesuai dengan kondisi di Bantul.

Cilacap menjadi wilayah pertama yang dikunjungi dengan pertimbangan sebagai kabupaten yang berkembang dan siap dalam banyak hal, seperti dalam kaitan dengan Komisi C, Cilacap merupakan wilayah dengan infrastruktur yang maju dan kondisi ekonomi yang masih bisa bertahan di tengah pandemi.

Ke depannya, implikasi dari pelaksanaan kunker berupa laporan dari tiap komisi dalam mempersiapkan kegiatan dan pengawasan akan dilakukan. Setiap anggota komisi dapat melakukan perbandingan pelaksanaan tugas lembaga legislatif dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

"Yang tertunda, memang kita sepakat ditiadakan untuk refocusing. Jadi ini memang agenda yang sudah dijadwalkan sejak awal," imbuhnya.

Pelaksanaan kunker di tengah pandemi ini sendiri sudah dijadwalkan sebelumnya. Fokus pada pemberdayaan masyarakat Bantul, Hanung mengaku belum memiliki rencana kunker ke luar daerah menggunakan kereta maupun pesawat. Mencoba membantu kembali menjalankan roda ekonomi masyarakat, Hanung mengatakan, tetap waspada dalam mencegah penyebaran covid-19.

Ia berharap, dengan melakukan kunjungan kunker ke daerah lain, akan ada perwakilan dari wilayah lain yang berkunjung ke Bantul, sehingga roda perekonomian masyarakat dapat kembali berputar. Setiap anggota dewan memiliki hak untuk mengikuti kunker atau tidak. Bagi yang memilih ikut wajib memiliki surat keterangan sehat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS