Galian Pipa Senilai Rp4,8 Miliar Bikin Jatuh Korban, Ini Respon PDAM

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora
Galian Pipa Senilai Rp4,8 Miliar Bikin Jatuh Korban, Ini Respon PDAM
Pengendara melintas di dekat galian lubang di Jalan Panembahan Senopati, Kampung Sayidan, Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Senin (20/7/2020). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

galian pipa PDAM tersebut sudah dikerjakan sejak awal Januari 2020 dan dikerjakan secara bertahap.

SuaraJogja.id - Peristiwa jatuhnya sepeda motor ke galian lubang di Jalan Panembahan Senopati, Sayidan, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta mendapat perhatian dari PDAM. Galian lubang setinggi tiga meter tersebut merupakan proyek penggantian pipa milik PDAM yang tak kunjung usai.

Plt Direktur Utama PDAM, Majiya menuturkan bahwa pihaknya berjanji akan segera menutup galian tersebut dalam pekan ini. Galian dilakukan untuk mengetes bukaan pipa yang berada sekitar dua kilometer dari simpang empat Wirobrajan hingga Jembatan Sayidan.

"Pegerjaan proyek sendiri sudah dari awal Januari 2020 lalu dan dilakukan  bertahap. Mulai dari simpang Wirobrajan hingga jembatan Sayidan. Dalam pekan ini galian akan segera kami tutup lagi," jelas Majiya ditemui wartawan di kantornya, kemarin.

Ia menjelaskan bahwa penggantian pipa sendiri dilakukan lantara pipa berjenis asbes tersebut belum pernah diganti sejak 1918. Sehingga penggantian dilakukan bertahap dan harus menggali beberapa ruas jalan.

"Jadi memang dari zaman Belanda di sini pipa-pipa ini belum diperbaharui. Sehingga saat ini sedang kami lakukan penggantian," jelas dia.

Proyek senilai Rp 4,8 milyar tersebut masih dalam pengawasan pihak ketiga. Nantinya seluruh pengerjaan dilimpahkan pada pihak pembangun.

"Kami segera koordinasikan dengan pihak pembangun kami untuk segera ditangani. Kami juga sudah meminta untuk ditambahkan rambu dan tanda jika ada pengerjaan proyek. Harapannya dalam pekan ini pengecekan pipa segera selesai dan segera ditutup," katanya.

Majiya menjelaskan insiden yang menyebabkan dua orang terjatuh ke dalam lubang tersebut sudah mereka tangani. Pengendara sudah didatangi pihak PDAM di RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta.

"Kami sudah menjenguk ke RS korban dirawat. Kami juga memberikan tali asih atas insiden yang menimpa mereka berdua. Namun untuk proyek ini segera kami selesaikan," ungkap dia.

Sebelumnya diberitakan, dua orang berusia paruh baya yakni suami istri bernama Tular Sudarmadi (57) dan Lusiyani Budi Satiya (55) terperosok beserta sepeda motor yang mereka kendarai ke galian lubang PDAM jalan Panembahan Senopati, Sayidan, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Peristiwa terjadi pukul 21.00 wib, Senin (20/7/2020). Motor berjenis Supra yang dikendarai Tular Sudarmadi berjalan dari arah barat ke timur. Namun saat mendekati lubang galian, pria asal Yogyakarta tersebut tak sanggup mengendalikan kecepatan dan terjatuh ke dalam galian.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS