Prihatin Kondisi Tenaga Medis, ITS Kembangkan Robot Hosiro-Usiro

Galih Priatmojo
Prihatin Kondisi Tenaga Medis, ITS Kembangkan Robot Hosiro-Usiro
Sebanyak 3 mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menciptakan robot Hosiro-Usiro. (dok ITS)

Dengan adanya robot tersebut diharapkan dapat mengurangi interaksi langsung antara pasien Covid-19 dengan tenaga medis.

SuaraJogja.id - Inovasi membanggakan ditorehkan mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Sebanyak 3 mahasiswanya berhasil menciptakan robot perawat pembantu tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19 bernama Hosiro-Usiro

Ketua Tim Oktaviansyah Purwo Bramastyo menjelaskan, inovasi baru tersebut diawali dari keinginan tim untuk ikut turut sumbangsih dalam penanganan pandemi Covid-19.

Rancangan robot Hosiro-Usiro tersebut muncul berangkat dari keresahan tim atas banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19.

"Apalagi tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 mereka punya potensi besar untuk tertular," ujarnya seperti dilansir dari timesindonesia.co.id, Jumat (24/7/2020).

Tim untuk merancang robot pembantu tenaga kesehatan tersebut terdiri dari tiga mahasiswa dari Departemen Teknik Sistem dan Industri, Departemen Teknik Biomedik, dan Departemen Teknik Fisika. Mereka adalah Oktaviansyah Purwo Bramastyo, Sulaiman Ali, dan Putri Norma Aprilia.

Mahasiswa yang akrab disapa Vian tersebut menjelaskan, pasien terdampak Covid-19 yang melakukan isolasi baik di rumah sakit maupun di rumah dapat merasakan tekanan sosial dan ketidaknyamanan fisik.

Berdasarkan kedua alasan tersebut, ia dan tim merancang robot yang dapat mengurangi interaksi langsung antara pasien Covid-19 dengan tenaga medis.

"Sekaligus inovasi ini dapat memberikan sarana hiburan bagi pasien yang sedang menjalani karantina," tuturnya.

Vian menambahkan, menjelaskan bahwa Hosiro (Hospital System Robot) merupakan sistem robot yang dikhususkan untuk penanganan Covid-19 di rumah sakit.

Inovasi yang dibuat oleh mahasiswa UTS tersebut berhasil meraih juara pertama dari 45 partisipan seluruh Indonesia pada subtema Aplikasi Inovasi Robot.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS