Refleksi Iduladha, Wiwid: Umat Bisa Mencontoh Perjuangan Ahmad Dahlan

Galih Priatmojo
Refleksi Iduladha, Wiwid: Umat Bisa Mencontoh Perjuangan Ahmad Dahlan
(muhammadiyah.or.id)

Sebelum Muhammadiyah sebesar sekarang, banyak pengorbanan yang dilakoni Ahmad Dahlan

SuaraJogja.id - Sosok KH.Ahmad Dahlan jamak diketahui sebagai pendiri perguruan Muhammadiyah yang kini menjelma jadi salah satu organisasi masyarakat terbesar di Indonesia.

Lelaki yang pada 1903 sempat menetap di Mekkah selama dua tahun itu, menikah dengan Siti Walidah dan dikaruniai enam anak. Keenam anak Ahmad Dahlan dan Siti Walidah yaitu adalah Djohanah, Siradj Dahlan, Siti Busyro, Irfan Dahlan, Siti Aisyah dan Siti Zaharah.

Selanjutnya, pada 18 November 1912, Ahmad Dahlan mulai mendirikan Muhammadiyah di Kauman, Kota Yogyakarta. Sembari mulai menyebarkan Muhammadiyah ke berbagai daerah lainnya.

Cicit Ahmad Dahlan, Widyastuti mengungkapkan kisah pengorbanan Ahmad Dahlan bisa ditarik benang merah menjadi refleksi ibadah umat muslim dalam menyambut Iduladha.

Wiwid, panggilannya, tak lain adalah anak dari Siti Hadiroh. Siti Hadiroh sendiri adalah anak dari Siti Busryo, salah satu anak dari mendiang Ahmad Dahlan.

"Pengorbanan yang menjadi prinsip dakwah beliau, kalau bahasa orang sekarang itu istilahnya wani nggetih. Kalau belum terkapar, beliau akan terus bergerak dan beribadah," ujarnya, kala dihubungi SuaraJogja.id, Sabtu (25/7/2020).

Dalam berdakwah islamiyah, Ahmad Dahlan tak hanya berkorban waktu, melainkan juga tenaga dan harta.

Lelaki yang biografinya pernah dibuat film 'Sang Pencerah' itu, memiliki istri yang paham dengan sepak terjangnya. Bahkan menanamkan nilai-nilai positif dalam diri Ahmad Dahlan, kepada anak-anaknya.

"Kami juga menjalankan nilai-nilai positif dari beliau, baik itu kesukaan dengan silaturahim, hingga menjaga nilai-nilai kemuhammadiyahan," tutur Wakil Ketua Lembaga Kebudayaan di PP Aisyiyah itu.

Kentongan Sebagai Alat Dakwah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS