alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Seniman Jogja yang Pernah Ikut Simulasi Mars Nekat Gelar Pameran di Jepang

Galih Priatmojo Selasa, 01 September 2020 | 14:25 WIB

Seniman Jogja yang Pernah Ikut Simulasi Mars Nekat Gelar Pameran di Jepang
Seniman Space Art asal Jogja, Venzha Christ gelar pameran di Yokohama dan Thailand di tengah pandemi Covid-19.

Venzha mengikuti dua pameran di Yokohama Triennale 2020 dan Bangkok Art Biennale 2020

SuaraJogja.id - Seniman space art asal Yogyakarta yang pernah ikut simulasi Mars Desert Research Station (MDRS) di Utah, Amerika Serikat, Venzha Christ nekat memamerkan karyanya ke Jepang dan Thailand di tengah pandemi COVID-19.

Pameran internasional bertajuk "Yokohama Triennale 2020" di Jepang, dan "Bangkok Art Biennale 2020" di Thailand digelar pada pertengahan September 2020 ini.

"Dengan keikutsertaan di dua pameran internasional ini saya ingin membuktikan dan memberikan semangat pada para pekerja seni untuk tetap berjuang dan berkarya ditengah pandemi COVID-19," ujar Venzha di galeri seni rumahnya, Selasa (01/09/2020).

Menurut Venzha, bersama Indonesia Space Science Society (ISSS) dan v.u.f.o.c lab, dia dan tim terpilih menjadi satu dari segelintir seniman yang diundang dalam dua pameran internasional tersebut.

Baca Juga: Butuh Modal Nikah, Pasangan Penuh Drama di Jogja Ini Nekat Curi Mobil

Padahal Indonesia merupakan salah satu negara dengan angka terinfeksi COVID-19 yang cukup besar dan jumlah yang terus bertambah.

Karenanya dia harus memastikan jalur penerbangan untuk bisa membawa karyanya ke Jepang dan Thailand. Apalagi dua negara tersebut sangat ketat dalam penerapan protokol kesehatan COVID-19.

"Saa ini terjadi ketidakpastian tentang jalur penerbangan internasional dan pertanyaan apakah diperbolehkan untuk memasuki negara tertentu. Tapi akhirnya kami dapat kepastian bisa mengirimkan karya kami," jelasnya.

Vensha menjelaskan, di gelaran Yokohama Triennale 2020, dengan artistic director : Raqs Media Collective ini, dia membuat simulasi penangkap frekuensi dari luar angkasa. Alat ini berupa antena dengan tinggi 3,5 meter dan berbentuk trapesium ganda, yang diberi judul "Evolution of The Unknown #07". 

Seniman Space Art asal Jogja, Venzha Chris gelar pameran di Yokohama dan Thailand di tengah pandemi Covid-19.
Salah satu karya yang dipamerkan seniman Space Art asal Jogja, Venzha Chris gelar pameran di Yokohama dan Thailand di tengah pandemi Covid-19.

"Antena ini menyaring berbagai frekuensi yang ada ditempat dimana instalasi interaktif ini terpasang," ujarnya.

Baca Juga: Plot Twist, Konon Siwon Super Junior Pernah Jajan Nasi Uduk Ini di Jogja

Space art memang selama ini menjadi bidang seni yang ditekuni Vensha. Sudah lebih dari 60 project kolaborasi yang telah dilakukannya dengan space agency, universitas, observatorium, laboratorium luar angkasa, serta institusi yang bergerak di ranah space science dan space exploration lebih dari 40 negara di dunia. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait