alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Butuh Modal Nikah, Pasangan Penuh Drama di Jogja Ini Nekat Curi Mobil

M Nurhadi | Muhammad Ilham Baktora Senin, 31 Agustus 2020 | 19:11 WIB

Butuh Modal Nikah, Pasangan Penuh Drama di Jogja Ini Nekat Curi Mobil
Pelaku dibopong petugas kepolisian di depan barang bukti sebuah mobil saat konferensi pers di Mapolsek Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Senin (31/8/2020) [Suarajogja.id/Baktora]

Penangkapan pelaku penuh drama, polisi bahkan menyamar saat mendatangi resepsi pernikahan pelaku.

SuaraJogja.id - Sembari berjalan tertatih, BF (35) dibopong polisi saat dihadirkan dalam jumpa awak media Polsek Umbulharjo pada Senin (31/8/2020).

Tersangka harus menahan sakit akibat hadiah timah panas polisi yang disarangkan tepat di betis dan tumit kaki kirinya. Alasannya tak lain karena pelaku pencurian mobil ini berusaha kabur ketika diringkus polisi.

BF bersama kekasihnya berinisial LK (27) terbukti melakukan tindak pidana pencurian mobil milik Erwana Endrawan (25) di Jalan Imogiri Timur, no 160, Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta pada Jumat (14/8/2020). 

Kapolsek Umbulharjo, Achmad Setyo Budiantoro memaparkan penangkapan pasangan yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang ubi ini dipenuhi dengan drama. Polisi bahkan harus menyamar saat pasangan tersebut belum lama ini menikah.

Baca Juga: Curi Mobil untuk Biaya Kawin, Kisah Sepasang Kekasih Ini Berakhir di Bui

"Akhirnya kami berikan 'hadiah' karena melawan dan berusaha kabur saat dibawa ke wilayah Malang untuk menunjukkan barang bukti (mobil curian). Kami sudah beri peringatan, namun pelaku tak menggubris, akhirnya terpaksa dilumpuhkan,"ujar Setyo saat konferensi pers di Mapolsek Umbulharjo, Senin (31/8/2020).

Ia menuturkan, pelaku BF awalnya berhasil diamankan petugas di indekosnya wilayah Pleret, Bantul pada Sabtu (22/8/2020) pukul 12.45 WIB. Setelah diinterogasi, pelaku mengatakan barang bukti berupa mobil Daihatsu Xenia sudah berada di wilayah Malang, Jawa Timur.

Bahkan, ia melanjutkan pelaku sempat menawarkan mobil curian ke showroom di wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah. Namun, karena tak laku, pelaku membawa mobil itu ke Malang.

"Setelah pelaku tertangkap di Bantul, kami bertolak lagi ke Malang untuk mendapatkan barang bukti. Tetapi pelaku berontak saat mencari barang bukti. Akhirnya kami ambil tindakan tegas," ujarnya.

Pelaku melancarkan aksinya saat rumah korban dalam keadaan kosong. Tak tanggung-tanggung, pelaku bahkan mengamati rumah korban selama dua minggu.

Baca Juga: Mencoba Kabur dari Polisi, Spesialis Jambret di Jogja Dihadiahi Timah Panas

"Pelaku datang menggunakan sepeda motor. Awalnya dia mengincar rumah yang kosong. Setelah mendapati rumah yang disasar, pelaku masuk dan mencoba mengetuk pintu," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait