Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Khawatir Kelulusan Mahasiswa Molor, UGM Buka Kuliah Luring

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Senin, 28 September 2020 | 20:04 WIB

Khawatir Kelulusan Mahasiswa Molor, UGM Buka Kuliah Luring
Rektor UGM, Panut Mulyono usai bertemu Gubernur DIY di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (28/9/2020). - (SuaraJogja.id/Putu)

Namun dipastikan, kebijakan tersebut baru akan diberlakukan usai ujian tengah semester.

SuaraJogja.id - Sejumlah perguruan tinggi sudah memulai tahun ajaran baru. Meski kuliah masih dilakukan secara daring, sebagian kegiatan yang tetap mewajibkan tatap muka tetap dilaksanakan secara luring.

"Kalau semester ini kami daring sampai selesai semester 1 tahun ajaran 2020-2021, tapi setelah ujian tengah semester, kita lihat perkembangan [kasus] COVID-19 seperti apa, apakah sudah membaik atau seperti ini," ungkap Rektor UGM Panut Mulyono usai bertemu Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (28/9/2020).

Bagi mahasiswa yang memerlukan kuliah tatap muka, khususnya praktik di laboratorium, UGM tetap akan melaksanakan kuliah secara luring.

Hal ini untuk mengantisipasi molornya jadwal kelulusan mereka karena pandemi COVID-19.

Walaupun luring, praktik laboratorium di tiap fakultas tetap memberlakukan protokol COVID-19 secara ketat, khususnya bagi mahasiswa yang harus melakukan penelitian untuk tugas akhirnya.

"Prinsipnya kita berpedoman, kesehatan adalah prioritas pertama. Pendidikan kita usahakan yang tidak boleh tertunda lulusnya harus kita fasilitasi, harapannya tidak molor lulusnya. Selama ini berjalan baik walaupun pengaturan sangat ketat. Masuk lab harus didata, jam berapa, kerja di lab berapa jam, semua tercatat agar jika ada apa-apa tracingnya jelas," tandasnya.

Panut menambahkan, gugus tugas semua perguruan tinggi di DIY juga berkoordinasi untuk berdiskusi dan menganalisis keadaan.

Gugus tugas antarperguruan tinggi nantinya akan memberikan rekomendasi di masing-masing kampus tentang gambaran pandemi COVID-19.

Rekomendasi tersebut nantinya akan digunakan untuk mengambil kebijakan perkuliahan.

Namun dipastikan, kebijakan tersebut baru akan diberlakukan usai ujian tengah semester.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait