Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gadis Usia 14 Tahun Nikah Karena Bosan Sekolah Daring, Netizen Miris

Galih Priatmojo Senin, 26 Oktober 2020 | 10:52 WIB

Gadis Usia 14 Tahun Nikah Karena Bosan Sekolah Daring, Netizen Miris
Ilustrasi menikah. (Unsplash/Chiến Phạm)

Ia juga mengungkapkan jika tingkat perkawinan anak di Indonesia menempati posisi tertinggi ke-7 di dunia dan ke-2 di Asean.

SuaraJogja.id - Akun auto-menfess Twitter @tubirfess bagikan kisah sepasang muda-mudi yang tampak seperti sedang melakukan prosesi pernikahan. Anonim mengirimkan gambar tangkap layar yang diduga menunjukan peristiwa pernikahan anak antara seorang laki-laki berusia 24 tahun dan gadis berusia 14 tahun.

Dalam foto unggahannya di @tubirfess, anonim ini tidak membenarkan adanya pernikahan anak di bawah umur, apalagi alasannya adalah 'cinta tidak memandang umur'. Ia juga mengungkapkan jika tingkat perkawinan anak di Indonesia menempati posisi tertinggi ke-7 di dunia dan ke-2 di Asean.

"2beer! ini kasus perkawinan anak. jangan dibenarkan dgn alasan "cinta gak mandang umur". yg jadi masalah tuh bukan perbedaan umur yang jauh, tapi usianya yg masih di bawah umur. tingkat perkawinan anak di indo tertinggi ke-7 di dunia, ke-2 di asean. ini hrs menjadi concern kita," cuitnya.

Tampak dalam unggahan anonim pada Minggu (25/10/2020) pukul 22.00 WIB tersebut sepasang kekasih yang tampak seperti sedang melakukan prosesi pernikahan. Si laki-laki mengenakan baju batik dan si wanita mengenakan gaun berwarna pink muda sedang saling berhadapan memegang bunga.

Di dalam tangkapan layar tersebut, si pembuat video juga memberikan tulisan '1996' dan '2006' yang masing-masing menunjukkan tahun kelahiran keduanya.

Pengunggah video yang diketahui bernama @Natasya Amelia menuliskan caption, "emg beda 1-thn guys, karna cinta ga Mandang umur".

Dalam tangkapan layar yang diunggah anonim, juga nampak warganet yang melontarkan komentarnya terhadap video Tiktok unggahan @Natasya Amelia.

"aku 19 tahun jam 10 masih rebahan kalau kuliah online masih suka molor ini yg 2006 udah bgtu," tulis @Tiara 192001.

Natasya pun menjawab jika dirinya bosan sekolah daring sehingga memutuskan untuk melakukan pernikahan.

"bosen aku tu sekolah online ka :(," balasnya.

Komentar lainnya berbunyi, "gua yg udah 19thn dan masih males bangun pagi," tulis @Panggil aja fira.

Si pengunggah video pun membalas, "hayuk ah nikah :(".

Saat ini, unggahan anonim di akun auto-menfess Twitter @tubirfess telah meraup sejumlah 9,9 ribu suka, 3 ribu tweet kutipan, dan 1,9 ribu retweet.

Warganet juga memenuhi kolom komentar unggahan ini. Warganet cukup miris dengan hal tersebut.

"sinting. ngeri banget jaman sekarang minor udah boleh nikah gitu," tulis akun @komurolaw.

"se7 bgt gw nder, bukan masalah perbedaan umur, tp masalahnya yg cewe masih underage bgt, 14thn anjir itu masih bocah bgt loh sekolah aja harusnya masih smp," ujar akun @psycOq.

"Sebosen2nya ak skolah onlen, semiskin2nya ak gaunya duit, segabut2nya aku hidup disini, ga prnah ada kepikiran buat nikah anjir. Stidaknya mikir lah masadepan, jangan pasrah gtu doang. Astaghfirullah kelakuan anak jaman jigeum... terkamchagiya ak," kata akun @betotpalamu.

Selain itu, akun @billie9eulis juga turut menuliskan komentarnya, "Menikah itu bukan soal usia, bukan juga ajang perlombaan, tapi tentang kesiapan. Agak skeptis anak di bawah umur udah siap membangun rumah tangga. Toh, sekolah online aja bosen, apalagi berumah tangga. Hm".

Reporter: Dita Alvinasari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait