alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mulai Dikerjakan, Ruas Jalan Prambanan-Piyungan Target Rampung Desember

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Rabu, 25 November 2020 | 19:10 WIB

Mulai Dikerjakan, Ruas Jalan Prambanan-Piyungan Target Rampung Desember
Panewu Prambanan Rasyid Ratnadi Sosiawan memberi keterangan soal perbaikan ruas jalan Prambanan-Piyungan. - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Sementara ini masyarakat diimbau untuk tidak melewati ruas jalan Prambanan-Piyungan terlebih dahulu jika memang tidak ada kepentingan mendesak.

SuaraJogja.id - Pekerjaan perbaikan ruas jalan Prambanan-Piyungan sepanjang 4,6 km sudah mulai berjalan. Targetnya, pekerjaan jalan tersebut akan rampung pada pertengahan Desember mendatang.

Panewu Prambanan Rasyid Ratnadi Sosiawan mengatakan bahwa perkerjaan jalan tersebut sudah dimulai sejak 21 November 2020 lalu. Pelaksanaan pekerjaan itu melibatkan Dinas Pekerjaan Umum, Permukiman, dan ESDM DIY Provinsi dengan menggunakan dana keistimewaan.

"Target akan selesai pada tanggal 15 Desember besok. Jadi sepanjang 4,6 km akan dibuat sepenuhnya aspal," ujar Rasyid kepada awak media, Rabu (25/11/2020).

Rasyid menyebutkan, pekerjaan ini dilakukan guna mendukung pengembangan wisata dan ekonomi di wilayah timur Sleman. Sementara ini masyarakat diimbau untuk tidak melewati ruas jalan tersebut terlebih dahulu jika memang tidak ada kepentingan mendesak.

Baca Juga: Hujan Lebat, Empat Pemukiman dan Tiga Ruas Jalan di Jakarta Kebanjiran

"Pengguna jalan diharapkan bisa mengambil jalan alternatif lain terlebih dulu," ucapnya.

Terkait dengan perkembangan jalan lain yang berada di sekitar wilayah Prambanan, Rasyid menuturkan, masih perlu lebih diperhatikan lagi. Khususnya pada wilayah Prambanan yang ada di daerah perbukitan.

Menurutnya, kendala geografis yang ada di area Prambanan masih belum sepenuhnya didukung dengan infrastruktur jalan yang memadai. Seperti yang masih sering ditemui bahwa bus tidak bisa beberapa ruas hingga harus mencari jalan lain yang lumayan jauh.

"Tinggi sekali juga tidak, tapi akses lebar jalan masih terbatas. Setidaknya kalau lebar kanan kiri dilebarkan, mungkin setengah meter kemudian nanti dahan dibersihkan, saya kira nanti menjadi jalan penghubung yang bisa langsung tembus lokasi wisata yang ada di Prambanan wilayah atas," ungkapnya.

Hal tersebut dalam rangka mendukung kegiatan kepariwisataan di Prambanan sebagai kawasan strategis nasional. Beberapa investor pun diakui sudah ada yang masuk untuk terus mendukunh perkembangan wilayah tersebut.

Baca Juga: Baru Buka Hari Ini, Restoran di Dekat Candi Prambanan Ini Punya Nuansa Bali

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait