facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Naik Ojek Online, Lelaki Asal Riau Ini Safari Curi Isi Kotak Infaq Masjid

Galih Priatmojo Selasa, 23 Februari 2021 | 12:54 WIB

Naik Ojek Online, Lelaki Asal Riau Ini Safari Curi Isi Kotak Infaq Masjid
Ilustrasi pencurian. (Pixabay/mohamed_hassan)

AHP sudah berulangkali mencuri isi kotak infaq di masjid AT TA'ABBUD.

SuaraJogja.id - AHP (48) warga Mandau RT 02/03 Air Payang Natuna Kepulsuan Riau terpaksa diamankan jajaran Mapolsek Pleret Bantul. Lelaki berbadan tegap ini diamankan polisi karena melakukan pencurian kotak infaq di masjid. 

Kapolsek Pleret AKP Tukirin mengatakan, peristiwa pencurian kotak infaq itu terjadi pada hari Minggu (21/2/2021) sekira pukul 02.30 WIB. Saat itu petugas Polsek Pleret melaksanakan patroli wilayah pada saat akan beristirahat di Masjid AT TA'ABBUD Wonokromo Rt.01, Wonokromo, Pleret, Bantul yang berada di Jalan Imogiri Timur.

"Takmir dan polisi melihat tersangka berinisial AHP di Masjid tersebut," tuturnya, Selasa (23/2/2021) di Mapolsek Pleret.

Mereka curiga dengan gerak-gerik AHP yang terlihat mondar-mandir tak jelas. Kemudian mereka mendatangi tersangka dan menanyakan identitasnya akan tetapi justru tersangka menjawabnya dengan berbelit-belit dan bertingkah aneh.

Baca Juga: Sukseskan Penyelenggaraan 3T, Bantul Dapat 5 Ribu Alat Rapid Test Antigen

Karena merasa curiga kemudian meminta AHP untuk membuka tas yang dibawanya. Saat dibuka dalam tas tersebut berisi uang yang tidak tertata dan 2 (dua) botol pulut (getah) burung. 

Polisi bersama takmir masjid yang merasa curiga kemudian langsung mengecek kotak amal yang berada di masjid tersebut. Mereka menemukan ada bekas pulut burung masih menempel di kotak amal pada lubang memasukkan uang. Selain itu ada sobekan uang dan sebagian uang dalam kotak amal masih tertempel di pulut burung. 

"Setelah mengetahui hal tersebut, mereka langsung menginterogasi AHP," terangnya.

Saat itu tersangka mengakui perbuatannya melakukan pencurian di masjid tersebut sebanyak dua kali. Hari itu ia mendapat uang hasil curian sebesar Rp485.000, dan dua minggu yang lalu di masjid itu juga mendapat uang hasil curian sebesar Rp153.000.

Tukirin mengungkapkan AHP mengaku telah mempersiapkan lidi dan lem untuk mencuri uang dalam kotak amal, dan datang ke TKP dengan menggunakan ojek online. Selain melakukan pencurian masjd AT TA'ABBUD, tersangka juga melakukan pencurian di beberapa masjd lainnya di daerah klaten dan solo. 

Baca Juga: Top 5 SuaraJogja: Anggota DPRD Bantul Sebut Pemakaman Covid-19 bak Anjing

"Takmir masjid mengaku sudah berulang kali menemukan isi kotak amal di Masjid AT TA‘ABUD dicuri, dan beberapa kali pada saat membuka kotak amal Masjid tersebut uang yang berada di kotak amal masih tertempel pulut burung," ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait