alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

2 Kebakaran Landa Gunungkidul, Kandang dan Mobil Dilalap Api

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Jum'at, 30 April 2021 | 11:04 WIB

2 Kebakaran Landa Gunungkidul, Kandang dan Mobil Dilalap Api
Dua peristiwa kebakaran melanda kawasan Kabupaten Gunungkidul, Kamis (29/4/2021). - (Kontributor SuaraJogja.id/Julianto)

Usai membakar sampah, korban kemudian masuk rumah untuk berbuka puasa.

SuaraJogja.id - Dua peristiwa kebakaran melanda kawasan Kabupaten Gunungkidul, Kamis (29/4/2021). Sebuah kandang sapi ludes dilalap api di Kapanewon Saptosari dan sebuah mobil bermuatan kardus bekas juga terbakar di Kapanewon Playen.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Suyanto menuturkan, peristiwa kebakaran pertama terjadi pada pukul 18.00 WIB di Pedukuhan Pringsurat, Kalurahan Ngloro, Saptosari. Kandang sapi milik Mardi Utomo (70) ludes terbakar.

Peristiwa tersebut bermula ketika sekira pukul 17.30 WIB, korban membakar sampah di samping kandang sapi miliknya. Ia melakukannya untuk mengusir serangga yang mengganggu sapi. Usai membakar sampah, korban kemudian masuk rumah untuk berbuka puasa.

"Korban meninggalkan kandang untuk buka puasa," papar Suyanto, Jumat (30/4/2021), ketika dikonfirmasi.

Baca Juga: Kebakaran di Kosambi Kabupaten Tangerang, 5 Gudang Terbakar

Kemudian sekira pukul 17.45 WIB, ketika hendak ke masjid, korban mengetahui api sudah menjalar ke kandang sapi. Kemudian anak korban meminta pertolongan warga sekitar untuk memadamkan api. Mendengar teriakan tersebut, warga berdatangan dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Dengan menggunakan air dalam ember seadanya, warga berusaha memadamkan api. Setelah berjibaku sekira 45 menit, api berhasil dipadamkan, beberapa saat sesudah mobil pemadam kebakaran datang. Mobil pemadam kebakaran lantas melakukan pendinginan agar api benar-benar telah padam.

"Tidak ada korban jiwa. Kandang sapi terbakar karena kelalaian pemilik, merugian di taksir sekitar Rp2,5juta," tambahnya.

Peristiwa kebakaran kedua terjadi di Jalan Wonosari-Yogyakarta, depan Rest Area, Kalurahan Gading, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul (dekat Jembatan Bunder). Muatan Kardus bekas tempat buah yang dibawa dengan Mobil pickup tiba-tiba terbakar. Beruntung petugas dengan cepat menguasai api, sehingga mobil berhasil diselamatkan.

Peristiwa tersebut bermula ketika Hendrik Ardianto (35) bersama istrinya, Endita Larasati (18), warga Pedukuhan Pucangmulyo, Desa Pucangsewu, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, melaju dari Pacitan menuju ke Yogyakarta menggunakan mobil pickup bernopol AE 8032 YC.

Baca Juga: Mercon di Tangan Meledak, 3 Jari Bocah Asal Ponjong Dioperasi

"Keduanya membawa muatan kardus bekas tempat buah," tuturnya.

Menurut keterangan pengemudi, pickup membawa muatan kardus bekas tempat buah dari Pacitan menuju ke wilayah Sleman. Sebelum kejadian, pengemudi dan penumpang sempat berhenti di SPBU Gading untuk makan. Sesampai di sekitar Rest Area Bunder, pengemudi melihat api di bak belakang kendaraan lewat spion.

Keduanya kemudian berhenti di pinggir jalan dan berusaha menurunkan muatan kardus, dibantu warga. Kemudian muatan berhasil diturunkan, tetapi api belum padam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya saja Endita mengalami luka bakar ringan bagian kaki sebelah kiri dan bagian telapak tangan sebelah kanan, lalu dirawat jalan.

"Belum diketahui penyebab kebakaran secara pasti. Korban langsung pulang ke Pacitan tidak jadi mengirim kardus bekas ke Sleman. Kerugian di taksir sekitar Rp1,7 juta," ungkapnya.

Kontributor : Julianto

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait