alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kerahkan 2 Unit Jet Ski, Basarnas Yogyakarta Siaga di Pantai Selatan DIY

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Sabtu, 15 Mei 2021 | 15:35 WIB

Kerahkan 2 Unit Jet Ski, Basarnas Yogyakarta Siaga di Pantai Selatan DIY
Personel Basarnas Yogyakarta yang disiagakan di sejumlah pantai selatan DIY, Sabtu (15/5/2021). - (SuaraJogja.id/HO-Basarnas Yogyakarta)

Personel akan disebar di hampir seluruh pantai yang ada di DIY, mulai dari pantai di wilayah Kulon Progo, Bantul, hingga ke Gunungkidul.

SuaraJogja.id - Basarnas Yogyakarta menyiagakan personel di sejumlah pantai selatan DIY. Hal ini sebagai penjagaan dan antisipasi dengan meningkatnya kunjungan wisatawan lokal ke beberapa objek wisata pantai tersebut.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta L Wahyu Efendi mengatakan, meski momen hari raya Idulfitri 1442 Hijriah ini diselenggarakan di masa pandemi Covid-19, tetapi masyarakat lokal di DIY tetap memanfaatkan waktu luang bersama keluarga untuk mengunjungi sejumlah pantai yang ada di selatan DIY.

"Kami siagakan dan berpatroli di tempat wisata bersama dengan Tim Gabungan TNI, Polri, Sar Satlinmas dan potensi SAR di sejumlah pantai di DIY," kata Wahyu melalui keterangannya, Sabtu (15/5/2021).

Wahyu menyebutkan, personel akan disebar di hampir seluruh pantai yang ada di DIY, mulai dari pantai di wilayah Kulon Progo, Bantul, hingga ke Gunungkidul.

Baca Juga: Baru Setengah Hari, Pengunjung Gembira Loka Zoo Capai Seribu Lebih

Tim dari Basarnas Yogyakarta sendiri akan menempati beberapa titik obyek wisata pantai. Termasuk dari Pos Basarnas Gunungkidul dan Unit Siaga Basarnas Kulon Progo.

Sedangkan untuk tim yang berasal dari kantor induk akan melaksanakan patroli ke obyek wisata pantai di wilayah bantul. Mulai dari Pantai Parangtritis, Parangkusumo , Pantai Baru dan pantai yang berada di sekitarnya.

Lalu untuk tim dari Pos Basarnas Gunungkidul akan melaksanakan patroli di Pantai Baron, Krakal, Ngrenehan serta pantai lainnya di Gunungkidul. Sementara itu untuk personel dari unit siaga Kulon Progo melaksanakan patroli Ke Bandara YIA, Pantai Glagah, Congot, Trisik dan Bugel.

"Kami juga menstanby-kan tim jetsky di Pantai Wediombo untuk berpatroli dari jalur laut ke pantai-pantai di sekitar Pantai Wediombo. Kami menstanbykan 2 unit jetsky," ujarnya.

Wahyu menuturkan kegiatan yang dilakukan oleh Basarnas Yogyakarta bersama dengan tim gabungan ini tujuannya untuk memberikan rasa aman bagi wisatawan. Termasuk juga untuk selalu mengimbau masyarakat agar tetap disiplin menaati protokol kesehatan.

Baca Juga: Basarnas Medan Kerahkan 60 Personel di Lokasi Wisata saat Libur Lebaran

Menggunakan masker perlu untuk selalu diterapkan, tentu dengan mencuci tangan dan selalu menjaga jarak antara satu sama lain supaya tidak terjadi kerumunan.

Selain protokol kesehatan yang perlu diperhatikan saat berwisata di masa pandemi Covid-19 ini, kata Wahyu, wisatawan juga perlu memperhatikan kondisi sekitar objek wisata khususnya pantai.

"Imbauan untuk masyarakat yang akan berwisata di pantai selatan DIY agar tidak bermain air di laut. Tetap mentaati imbauan-imbauan petugas yang ada di lapangan serta harus mentaati protokol kesehatan selama berwisata," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa ribuan pengunjung telah menyerbu objek wisata Pantai Glagah di Temon, Kulon Progo pada Sabtu (15/5/2021). Wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut masih didominasi oleh wisatawan lokal.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulon Progo Aris Widiatmoko. Menurutnya, kunjungan wisatawan di Pantai Glagah pada akhir pekan ini akan lebih meningkat dibanding hari sebelumnya.

"Untuk kunjungan di Pantai Glagah di pagi hari ini, situasi kondisi mulai ramai daripada kemarin. Kemungkinan besar untuk pengunjung hari Sabtu ini akan lebih meningkat lagi daripada Jumat kemarin," kata Aris.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait