alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Usai Mudik Lebaran, Pekerja Kontruksi Hotel Santika di Playen Positif Covid-19

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Selasa, 25 Mei 2021 | 20:51 WIB

Usai Mudik Lebaran, Pekerja Kontruksi Hotel Santika di Playen Positif Covid-19
Ilustrasi Covid-19. (Suara.com/Eko Faizin)

Jolanda mengatakan, untuk pekerja proyek pembangunan hotel berbintang di wilayahnya, ada 10 orang yang mengikuti rapid test antigen tersebut.

SuaraJogja.id - Usai mudik Lebaran, salah seorang pekerja proyek pembangunan hotel berbintang di wilayah kabupaten Gunungkidul dinyatakan positif Covid-19. Yang bersangkutan kini telah menjalani karantina atau perawatan di RSUD Saptosari.

Kepala Puskesmas Playen I, dr Jolanda menuturkan, diketahuinya adalah seorang pekerja proyek pembangunan hotel berbintang di wilayah pelayan tersebut dimulai ketika tim gugus tugas penanganan Covid-19 kapanewon Playen melakukan rapid test antigen terhadap para pendatang. Rapid test tersebut sebagai upaya antisipasi.

"Kita lakukan rapid test untuk para pendatang yang baru saja mudik. Itu skrining awal," ujar Jolanda ketika dikonfirmasi Selasa (25/5/2021) malam.

Jolanda mengatakan, untuk pekerja proyek pembangunan hotel berbintang di wilayahnya sebenarnya ada 10 orang yang mengikuti rapid test antigen tersebut. Yang dinyatakan positif Covid-19 hanya ada satu orang sisanya dinyatakan negatif.

Baca Juga: 6 Ambulans Jemput 25 Warga Ngaglik Positif Covid-19, Antar Isolasi ke Asrama Haji

Penularan Covid-19 di lingkungan pekerja konstruksi pembangunan hotel Santika tersebut belum dikatakan sebagai cluster. Karena yang terpapar baru 1 orang dan itupun bukan dari warga setempat melainkan pendatang yang bekerja di wilayah mereka.

"Itu warga luar musiman yang bekerja di sini sementara waktu," tambahnya.

Panewu Playen. Setiyawan mengatakan, sebagai bahan antisipasi memang telah memperlakukan upaya skrining awal terhadap warga yang baru saja mudik dan kembali ke Playen. Termasuk kepada pekerja pembangunan hotel Santika yang berada di kalurahan Logandeng.

"Pekerja itu baru saja mudik ke ke kampung halamannya di Jawa Tengah," terangnya.

Setiawan menandaskan, semua warga termasuk juga para pekerja yang masuk kategori pendatang baru tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Pasalnya, kasus Covid-19 belum menunjukkan penurunan sehingga upaya preventif harus ditekankan kepada masyarakat.

Baca Juga: 35 Temuan Kasus Covid-19 Baru di Ngaglik, Total 55 Warga Terpapar

Kontributor : Julianto

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait