facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

13 Ayat di Dalam Al Quran Berkaitan Rezeki yang Disarankan Dibaca Saat Salat Dhuha

Galih Priatmojo Selasa, 31 Agustus 2021 | 09:56 WIB

13 Ayat di Dalam Al Quran Berkaitan Rezeki yang Disarankan Dibaca Saat Salat Dhuha
Ilustrasi salat, sholat, ibadah, berdoa. [Shutterstock]

Berikut ada 13 ayat yang berkaitan dengan rezeki yang bisa dibaca saat salat dhuha

SuaraJogja.id - Salat dhuha adalah salat sunnah yang dikerjakan setelah matahari terbit hingga menjelang dhuhur tiba. Keutamaan salat dhuha salah satunya dikenal sebagai ibadah untuk membuka pintu rezeki.

Hal ini seperti tercantum dalam hadits qudsi dimana Allah akan mencukupkan rezeki hamba-hambaNYA yang mengerjakan salat dhuha secara rutin.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “ Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Menurut Ustaz Adi Hidayat ada tiga waktu untuk mengerjakan salat dhuha, pertama di awal dhuha atau dikenal juga waktu syuruq, awal siang yakni mengerjakan salat dhuha mulai pukul 08.00 sebanyak 4 rakaat kemudian salat di akhir dhuha atau dikenal juga sebagai salat awwabin yang bisa dikerjakan mulai pukul 09.00 ke atas sebanyak 8-12 rakaat.

Baca Juga: Keajaiban Salat Dhuha, Waktu Melaksanakan dan Ayat yang Dibaca saat Salat

Dengan keutamaannya salah satunya untuk membuka pintu rezeki, ada sedikit perbedaan saat mengerjakan salat dhuha. Yakni bacaan ketika salat disarankan terkait dengan ayat-ayat yang mengundang rezeki.

Menurut ustaz Adi Hidayat ada banyak ayat di dalam Al Quran berkaitan dengan rezeki. Berikut 13 ayat di antaranya.

Surat Az Zariyat ayat 22

Artinya: Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezekimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu.

Surat Al Baqarah ayat 29

Baca Juga: Bacaan Doa Salat Dhuha, Pahala Berlipat Ganda dari Sedekah

Artinya: Dialah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.

Surat Al Baqarah ayat 168 

Artinya: Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.

Surat Al Baqarah ayat 172 

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.

Surat Al Baqarah ayat 245

Artinya: Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

Surat Al A'Raf ayat 96 

Artinya: Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.

Surat At Talaq ayat 2-3

Artinya: Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.

Artinya: Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

Surat Hud ayat 6

Artinya: Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Surat Ibrahim ayat 7

Artinya: Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Surat Al Isra ayat 31

Artinya: Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.

Surat An Nur ayat 32

Artinya: Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Surat An Najm ayat 39

Artinya: dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya,

Surat An Nuh ayat 10-11

Artinya: maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-,

Artinya: niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat,

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait