alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

8 Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Kamu Cicip, Ada Kipo Hingga Sate Klatak

Galih Priatmojo Sabtu, 25 September 2021 | 15:54 WIB

8 Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Kamu Cicip, Ada Kipo Hingga Sate Klatak
Proses memasak sate klatak di warung Sate Klatak Pak Pong. (Rahmat Jiwandono / SuaraJogja.id)

Berikut deretan makanan khas yogyakarta

SuaraJogja.id - Berlibur ke Yogyakarta terasa hampa bila tak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Apalagi daerah Yogyakarta terkenal dengan kulinernya yang lezat dan terjangkau. Banyak pendatang berbondong ke Yogyakarta bukan hanya menikmati wisatanya saja tetapi juga mencicipi beragam makanan khas yang ada disana. Kamu bisa menemukan berbagai makanan khas yang wuenak tenan, mulai dari yang manis hingga pedas. Selain terkenal dengan gudeg, kira – kira apa saja ya makanan khas Yogyakarta yang paling lezat?

Wisata kuliner Jogja - Gudeg Kangen Bu Manto Gejayan (instagram @giiemiic)
Wisata kuliner Jogja - Gudeg Kangen Bu Manto Gejayan (instagram @giiemiic)

Daripada penasaran langsung saja, Berikut pilihan makanan khas Yogyakarta yang patut kamu coba :

1. Gudeg

Sudah kenal dong ya dengan kelezatan Gudeg. Makanan khas yang menjadi ikon Daerah Istimewa Yogyakarta. Gudeg makanan yang berbahan dasar nangka muda yang dicampur dengan santan yang akan menghasilkan rasa gurih dan manis.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata Yogyakarta yang Keren Banget, Jangan Sampai Kamu Lewatkan

Biasanya Gudeg dijadikan buah tangan oleh seseorang yang berlibur ke Yogyakarta. Sekarang kemasan Gudeg sangat beragam, ada yang dikemas dengan besek, daun pisang, kardus, kendil bahkan ada kemasan kalengan agar tidak cepat basi. Harga Gudeg mulai dari Rp15.000 hingga Rp45.000.

2. Sate Klathak

Makanan khas Yogyakarta satu ini sangat unik, yang mana tusuk satenya memakai besi jeruji sepeda, tetapi tenang foodies, penggunaan besi ini agar tingkat kematangan dagingnya meresap sampai kedalam. Sate Klathak ini berbahan dasar kambing muda yang ditaburi garam dan dibumbui kecap. Sate Klathak ini dibanderol mulai dari Rp20.000 – Rp25.000. Rasa Sate Klathak ini juga sangat enak lho.

Proses memasak menu lain seperti gulai kambing di warung Sate Klatak Pak Pong. [Rahmat Jiwandono / SuaraJogja.id]
Proses memasak menu lain seperti gulai kambing di warung Sate Klatak Pak Pong. [Rahmat Jiwandono / SuaraJogja.id]

3. Wajik

Wajik pastinya sudah familiar terdengar dong. Makanan khas yang terbuat dari olahan beras ketan yang ditanak dan dicampur dengan santan dan gula kelapa. Wajik makanan yang wajib dicoba saat upacara pernikahan. Bahkan wajik juga memiliki simbol yang melambangkan kehidupan yang manis, yang diliputi dengan kebahagian di masa depan.

Baca Juga: Satgas Saber Pungli Dorong Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Naikkan Predikat ke WBBM

4. Kipo

Pernah dengar Kipo? Kipo makanan berwarna hijau yang bentuknya kecil, tetapi memiliki rasa yang lezat. Rasa manis dan gurih terdapat dalam kipo yang dihasilkan dari campuran gula dan kelapa sebagai isinya. warna hijau yang dihasilkan tersebut berasal dari daun suji yang dicampurkan dalam adonan tepung ketan. Harga Kipo juga terjangkau dengan Rp2000 saja kamu sudah mendapatkan 3 buah Kipo. Penasaran? langsung coba saja.

5. Brongkos

Makanan khas Yogyakarta salah satu olahan sayur yang terbuat dari daging sapi, terutama bagian sanding lamur. Ciri khas makanan ini yaitu penggunaan keluak sebagai bumbu sehingga sayur berwarna gelap dan beraroma khas. Sayur Brongkos ini banyak di gemari banyak orang lho, bahkan salah satunya Sri Sultan Hamengkubuwono X. Harga Berongkos sekitar Rp20.000 saja.

6. Gatot dan Tiwul

Gatot dan Tiwul ini makanan yang terbuat dari singkong. Makanan khas yang satu ini baik untuk pencernaan perut. Makanan ini diolah melalui proses fermentasi. Tiwul merupakan makanan berbahan gaplek yang berwarna putih, sedangkan gatot berbahan gaplek yang berwarna hitam. Gaplek hitam dihasilkan karena proses pengeringan yang tidak sempurna setelah proses fermentasi. Gatot dan Tiwul memiliki cita rasa yang manis dan bervariasi misalnya, coklat, nangka, keju, pandan. Harganya juga terjangkau lho, mulai dari Rp. 6.000 – 16.000.

Nasi Tiwul (Wikimedia Commons)
Nasi Tiwul (Wikimedia Commons)

7. Geplak

Makanan khas yang terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir atau gula jawa. Ciri khas rasanya manis dan gurih cocok dijadikan untuk cemilan santai. Kelegitan disetiap gigitannya pasti membuat kamu ketagihan. Harganya terjangkau mulai dari Rp35.000 sudah dapat banyak varian rasa.

8. Yangko

Selain Geplak, ada lagi nih makanan khas Yogyakarta yang manis dan gurih yaitu Yangko. Yangko ini tampilannya seperi mochi lho. makanan ini terbuat dari tepung ketan yang di potong kotak kecil dan berwarna – warni. Makanan ini bisa dijadikan oleh – oleh juga. Harga Yangko mulai dari Rp. 30.000an per satu kotak kecil.

Sudah tergiur belum dengan makanan khas Yogyakarta? Daripada penasaran, lebih baik kamu langsung mencobanya ketika sedang wisata kuliner ke Yogyakarta. Pastinya setiap makanan khas yang ada disana rasanya wuenak lho.

Penulis: Elisa Naomi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait